Lifestyle

Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Keringmu

Source pic: allergyandair.com

Apa yang terjadi saat tubuh kekurangan cairan? Kulit bersisik, kering dan bibir pecah-pecah tentu saja. Ga banget dong kalau urusan penampilan jadi kacau cuma gara-gara polesan tidak rata karena kulitnya ga lembap. Karena itu, berhubung di bulan Ramadhan ini asupan cairan memang ga sebebas hari biasanya, bukan berarti kesehatan kulit jadi terabaikan. Ini dia 5 hal yang tetap bisa membuat kulit kita sehat, lembap, dan bercahaya.

1. Minum air yang cukup saat sahur dan berbuka

Dikarenakan waktu minum kita hanya tersedia saat sahur dan setelah berbuka saja, maka optimalkan kedua waktu tersebut untuk memenuhi asupan cairan tubuh. Tak harus sekali teguk langsung banyak. Malahan, akan lebih baik jika tubuh menerima dalam beberapa tahapan.

Minumlah 2 gelas setelah bangun tidur saat sahur, lalu beberapa gelas lagi saat makan sahur, dan menjelang imsak. Minumlah air hangat kuku karena akan membuat usus kita sehat.

Minum 2 gelas air hangat saat berbuka puasa. Lalu beberapa gelas saat makan, tarawih dan menjelang tidur. Hindari minuman dengan pemanis buatan. Selain membuat ginjal kita bekerja lebih keras, pemanis juga tidak terlalu baik untuk kesehatan kulit.

2. Memakai pelembap 

Pakailah pelembap, cream malam atau siang, secara teratur sebelum tidur atau sebelum berangkat beraktivitas. Hal ini akan berdampak pada kekenyalan kulit teman-teman. Sekalipun tidak langsung terlihat secara instan, cream yang dioleskan secara rutin bisa meremajakan kulit secara bertahap.

Adapun untuk bibir, teman-teman bisa mengoleskan lip balm pada pagi atau malam hari. Hindari kebiasaan menggigit bibir atau menyapu bibir, karena air ludah akan membuat bibir kita tambah kering.

3. Memakai lidah buaya

Lidah buaya memang terkenal sekali dalam bidang kecantikan. Alangkah baiknya jika memakai olesan lidah buaya ini pada malam hari sebelum tidur. Pakailah masker lidah buaya yang alami. Oleskan selama kurang lebih 10 menit sebelum akhirnya dibilas tanpa sabun.

4. Memakai Bio Oil

Minyak satu ini sangat terkenal di kalangan para ibu hamil. Kandungan minyaknya memang sangat ampuh dalam melembapkan kulit, meratakan warna kulit, dan menyamarkan noda. Dan ini sangat terbukti ampuh. Berdasarkan pengalaman sendiri, bio oil mampu mengembalikan tekstur kulit tangan saya yang terkena iritasi sewaktu bekerja di lapangan yang awalnya berjerawat menjadi mulus lagi.

5. Makan buah-buahan dan sayuran

Asupan makanan juga sangat penting sekali dalam menjaga kelembapan kulit. Pilihlah buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, semangka, atau pisang karena mampu meregenerasi kulit. Selain itu, sayuran hijau seperti bayam yang kaya akan vitamin E juga sangat dianjurkan.

Semoga 5 hal di atas bisa membantu teman-teman dalam menjalani hari-hari di Bulan ramadhan dengan penampilan yang tetap menawan.