Opini · Review

Cara Memasak Dengan Panci Presto

Ada yang tahu panci presto? Jujur, saya baru tahu loh tentang panci canggih ini. Kudet banget ya. Bahkan saya harus mencari pengetahuan dulu dari sana sini untuk mengetahui cara memakai panci yang bisa dikatakan membuat masakan jadi lebih sehat.

Dikarenakan saya sangat awam tentang panci yang satu ini, bukan berarti tidak bisa praktek. Maka dari itu, saya coba terjemahkan saja apa yang ditulis oleh gopresto.com

Kenali Panci Prestomu

Dikarenakan semua panci presto mempunyai prinsip yang sama, hanya beberapa perbedaan saja yang cukup mendasar. Seperti gambar di bawah ini yang menunjukkan menu dasar dari semua presto terbaru.

Bagaimana cara menggunakan panci presto?

1. Periksalah metode dan waktu memasak yang digunakan. Tuang sejjmlah air ke dalam panci presto, lalu tambahkan makanan. Gunakan tatakan presto (cooking rack), jika duperlukan.

2. Pegang tutup panci ke arah cahaya dan lihatlah melalui celah yang di tengah (vent pipe) untuk meyakinkan apakah katupnya terbuka. Lalu, tekan dan tutup dengan aman (tutup panci harus langsung di atas pegangan badan panci).

3. Tempatkan pengatur tekanan pada celah (vent pipe). Panaskan presto sampai pengatur tekanan berangsur -angsur bergerak. Sesuaikan panas untuk menjaga gerakan yang stabil. Waktu memasak dimulai dari saat ini.

4. Masaklah sesuai waktu yang ditulis di resep, lalu kurangi tekanan sesuai resep juga. Jika resep menuliskan “biarkan tekanan menurun perlahan,” biarkan dingin. Jika resep menuliskan ” dinginkan seketika,” maka segera taruh di bawah kucuran air kran yang dingin.

5. Tekanan akan berkurang sepenuhnya saat kunci tutup panci terjatuh. Lepaskan pengatur tekanan. Lalu, lepaskan tutup panci dan makanan pun siap disajikan.

Bagaimana, mudah tidak? Karena saya belum pernah mencoba langsung mungkin kita bisa coba bareng-bareng ya. Tentu saja di dapur masing-masing 😁.

Comments