Opini

THR di Negara-Negara Asia

Money thickness
Freepik.com

Ramadhan sudah separuh jalan saja teman-teman. Semoga di bulan berkah ini semua urusan dimudahkan oleh Allah SWT, termasuk urusan Tunjangan Hari Raya ( THR ) 😊.

Biasanya, para pekerja baik swasta maupun karyawan sudah mulai antusias saat Ramadhan sudah di pertengahan. Semerbak THR di mana-mana. Ada yang mulai merancang alokasi THR untuk berbagai keperluan, ada juga yang sudah yakin untuk menabungnya tergantung besaran THR yang didapat. Di Indonesia, biasanya THR berupa gaji pokok penuh satu bulan ditambah dengan beberapa bonus bahan makanan pokok (optional), yang bagi pegawai negeri disebut dengan gaji ke 13. Waktu penerimaan THR pun tidak selalu sama, pastinya sih sebelum hari raya Idul Fitri.

Jika di Indonesia seringnya THR dibayarkan di bulan Ramadhan dan sifatnya wajib, bagaimana dengan negara lain ya? Ini dia THR dari berbagai negara!

1. China

Pembayaran THR di China disesuaikan, biasanya di bulan Februari atau bertepatan dengan hari tahun baru China.

2. Hongkong

Hampir sama dengan China, biasanya THR di negara ini pun dibayarkan pada tahun baru China atau akhir tahun.

3. India

THR di India sifatnya wajib disesuaikan dengan gaji tahunannya dan dibayar dalam rentang 8 bulan terakhir setiap tahun.

4. Indonesia

Sudah pasti wajib diadakan pembayaran THR. Biasanya satu minggu sebelum hari raya Idul Fitri.

5. Jepang

Di negara sakura ini, THR nya dua kali. Musim panas dan musim dingin (Februari dan Juni)

6. Malaysia, Singapura, Taiwan dan Vietnam

THR di negara ini biasanya pas tahun baru Cina. Kecuali Singapura dan Malaysia, sebagian besar membayar THR pada akhir tahun.

7. Filipina

THR di negara ini sifatnya wajib dan dibayarkan sebelum tanggal 24 Desember.

Tuh kan, ternyata negara lain pun hampir sama dengan Indonesia kalau soal THR. Bagaimanapun, pekerja memang layak mendapatkan bonus atas kerja kerasnya selama ini. Maka dari itu, THR ibarat oase di padang pasir, memberikan kebahagiaan untuk berbagai urusan. Yuk doakan terus semoga turunnya THR lancar dan berkah. Supaya ga asal masuk tapi hilangnya ga tahu kemana. Earn and spend it wisely πŸ˜„.

2 tanggapan untuk “THR di Negara-Negara Asia

Comments