Lifestyle

Tradisi di Hari Lebaran

Hari lebaran selalu membawa kebahagiaan tersendiri bagi umat muslim. Selain menjadi simbol kemenangan atas perjuangan sebulan melawan hawa nafsu, di hari lebaran juga dapat dijumpai berbagai tradisi yang tak lekang oleh zaman. Apa saja ya?

1. Sungkeman

Sebetulnya kata sungkem berasal dari bahasa jawa. Biasanya dilakukan oleh orang yang usianya lebih muda kepada orang yang lebih tua seperti orang tua. Ini adalah tradisi yang seringkali dilihat terutama di daerah jawa. Tradisi ini dianggap lebih formal dibandingkan cuma salam-salaman biasa.

2. Bagi-bagi THR dan amplop

Kalau di tradisi cina ada angpao, maka sewaktu lebaran juga ada tradisi yang hampir mirip, seringkali disebut THR. Bentuknya mulai dari uang sampai barang. Biasanya sih yang bagi-bagi THR itu adalah para pengusaha yang mempunyai karyawan atau bawahan. Bisa juga oleh orang yang lebih tua atau sudah bekerja kepada yang umurnya lebih muda.

3. Hantaran 

Di saat lebaran, yang paling mengasyikkan adalah saling mengantar makanan maupun hantaran parsel. Oleh karena itu, ada banyak penjual parsel menjelang hari lebaran. Isinya mulai dari minuman, kue kering, sampai sembilan bahan pokok. Selain itu, ada juga parsel berupa makanan yang sudah jadi. Semuanya dibungkus dengan cantik dan kreatif.

4. Pergi ke pantai

Entah mengapa banyak sekali keluarga yang memilih pantai sebagai tempat favorit untuk dikunjungi saat lebaran. Setelah silaturahim antar keluarga maupun tetangga selesai, wacana pergi ke pantai selalu berada di urutan paling teratas cara mengisi libur saat lebaran. Selain murah meriah, pantai juga tempat paling asyik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

5. Ketupat

Nah, ini dia menu khas lebaran. Tradisi membuat ketupat dari daun kelapa yang masih muda juga sangat menarik. Ketrampilan ini juga mampu merekatkan tali silaturahim. Biasanya, saat membuat cangkang ketupat, satu keluarga berkumpul dan saling bertukar cerita dan canda tawa selama membuatnya. Meskipun demikian, tradisi ini semakin jarang ditemui karena banyak orang yang lebih memilih membeli ketupat yang sudah jadi dengan alasan kepraktisan.

6. Ziarah ke makam sanak famili

Ini juga salah satu tradisi yang sebetulnya tidak mempunyai hukum wajib untuk dilakukan. Pada saat hari raya, segera setelah salat ied selesai dan salam-salaman dilakukan, biasanya sekeluarga langsung menuju makam keluarga untuk membersihkan makam dari rumput liar sambil berdoa.

Itulah sebagian besar tradisi yang dilakukan orang-orang saat hari lebaran tiba. Bisa jadi masih banyak lagi kebiasaan yang dilakukan saat hari lebaran tergantung daerahnya masing-masing.