Review

Jurus Anti Panik Mengatasi Mata Merah

Source: Freepik

Ada pepatah yang mengatakan bahwa mata adalah jendela jiwa. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kesegaran mata sangat penting sekali. Tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, mata juga menjadi pintu kepercayaan diri saat berinteraksi. Bayangkan saja kalau mata kita merah dan berair, bawaannya pengen mengucek terus karena mata gatal. Tentu saja ini akan berdampak pada pembawaan kita yang kurang sedap dipandang. Jika dibiarkan lebih lanjut, mata gatal yang tidak diatasi dengan segera bisa memengaruhi kinerja kita dalam beraktivitas.

Source: Freepik

Hal ini saya rasakan sekali saat harus mengerjakan banyak pekerjaan yang berhubungan dengan analisis data. Pernah satu hari saya harus melihat layar komputer tanpa henti dan melakukan analisis dalam halaman excell yang jumlah recordnya ribuan. Belum lagi ruangan tempat saya bekerja itu full AC. Akhirnya, setelah lebih dari dua jam di ruangan, mata saya mulai terasa sepet, pegel dan perih. Beberapa kali kedipan mata ternyata tak mempan membuat mata saya kembali normal. Sayangnya, saya masih tetap ‘keukeuh’ untuk bertahan di ruangan sampai tak menyadari bahwa mata saya mulai memerah. Kalau saja salah satu teman saya tidak masuk, mungkin saya ga bakalan tahu kalau mata saya sudah mulai mengalami gejala mata lelah.

Keadaan ini makin bertambah parah saat saya harus melakukan aktivitas di luar ruangan. Debu dan angin membuat mata saya tambah parah. Bahkan saat harus bertemu relasi, saya seperti habis menangis. Hal ini tentu saja membuat diri saya tidak nyaman. Sadar bahwa ada masalah dengan mata, akhirnya saya coba mencuci mata dengan air biasa. Awalnya sih sudah lumayan berhasil, tapi cara ini cuma bertahan beberapa menit saja rupanya. Esok hari, mata saya kembali berulah. Kan kezzeel !

Terbayang ga sih kerjaan saya yang bertumpuk itu jadi terbengkalai karena hampir setiap saat saya harus memejamkan mata. Apalagi teman kantor ada yang bilang mata saya sudah iritasi akut. Duh bayanginnya aja serem !. Sementara itu, sebagian lagi bilang kalau mata saya cuma mata kering biasa. Baiklah, tanpa pikir panjang lagi saya pun mencari lebih lanjut soal keduanya dan hasilnya? Iritasi mata dan mata kering itu berbeda!

Iritasi Mata

Menurut alodokter.com, pemicu iritasi mata bisa berasal dari faktor alergi, asap rokok, pasir, debu, serpihan kayu, lensa kontak dan infeksi. Jika iritasi disebabkan virus atau bakteri yang mengakibatkan  pink eye atau konjungtivitis, maka bisa menular. Maka dari itu, jika terkena iritasi mata seperti ini disarankan agar membersihkan cairan yang keluar dari mata secara rutin, menggunakan obat tetes mata dan menghindari lensa kontak.

Mata Kering

Lain halnya dengan iritasi, mata kering disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada mata yang membuatnya sangat rentan terkena gejala seperti :

> Mata Sepet

Yang dimaksud mata sepet adalah sensasi tidak nyaman pada mata seolah ada sesuatu yang melekat sekalipun sudah dikucek dan dikedip-kedipkan berkali-kali.

> Mata Pegel

Gejala ini terasa seolah mata kita ingin keluar, sakit dan tegang karena terlalu lama menatap sesuatu.

> Mata Perih

Kondisi ini disebabkan kurangnya air mata yang bisa membasahi kornea sehingga menyebabkan mata merah dan gatal.

Selain dikarenakan kurangnya air mata, terlalu cepatnya penguapan air mata dan faktor usia juga menjadi penyebab mata kering. Pada kenyataannya, sebagian besar masalah mata kering atau keratoconjuntivitis sicca memang lebih banyak dijumpai pada usia lanjut. Akan tetapi,  banyaknya penggunaan AC dan juga kegiatan luar rumah yang banyak debu bisa memicu munculnya mata kering tanpa memandang usia.

Berdasarkan pencarian awam mengenai gejala tersebut akhirnya saya sadar bahwa gejala mata sepet, pegel dan perih adalah gejala mata kering. Pencarian obat pun segera dimulai.

Source: pribadi

Sebetulnya, saya adalah tipe orang yang sangat anti obat-obatan. Kalau bisa jangan sampai pakai obat berbahan kimia deh. Makanya, saat saya disarankan memakai Insto Dry Eyes, saya ga langsung percaya. Minimal saya harus tahu dulu komposisinya apalagi saya mempunyai riwayat alergi yang lumayan parah. Saya membeli Insto Dry Eyes ukuran 7,5 mL. Dari kotaknya tertulis bahwa tiap mL larutan isotonik steril mengandung Hydroxypropyl methylcellulose 3,0 mg dan Benzalkonium chloride 0,1 mg. Sifat kepo saya menemukan bahwa larutan tersebut mempunyai sifat larut dalam air sehingga menghasilkan larutan yang jernih  dan biasa digunakan sebagai obat pelumas mata. Selain itu, dari beberapa testimoni teman yang sudah menggunakan Insto Dry Eyes, semuanya mengatakan nyaman dan tidak mempunyai efek samping.

Source: Pribadi

            Setelah yakin dengan semua hasil kepo dan juga testimoni kawan, saya pun mulai memakai Insto Dry Eyes untuk mengatasi mata kering yang saya alami. Alhamdulillah, dalam hitungan menit mata sepet dan mata pegel saya berangsur-angsur hilang. Akhirnya saya rutin memakai 1 sampai 2 tetes pada setiap mata sebanyak tiga kali sehari sampai akhirnya mata saya benar-benar sembuh.

Penting Sekali Untuk Diingat dan Dilakukan 

Sebagai obat tetes mata, Insto Dry Eyes memang terbukti membantu mengatasi mata kering. Namun, perlu diingat, obat ini hanya digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata dan meringankan iritasi mata ataupun pelumas mata palsu karena disebabkan oleh kurangnya produksi air mata. Jadi, tidak disarankan untuk menggunakan obat dalam jangka panjang secara rutin. Insto Dry Eyes  juga tidak boleh dipakai setelah dibuka selama 1 bulan.

Kasih Berapa Bintang ya?

Karena Insto Dry Eyes terbukti jadi obat tetes mataku yang terbaique, ga bakal ragu lagi deh buat ngasih bintang 5 dari 5. Sensasi sejuknya pun tidak berlebihan dan membuat mata lebih segar. Walaupun, pada awal pakai sih memang agak kaget juga karena rasa dingin tetesannya saat menyentuh mata. O iya, bagi para pengguna lensa kontak, sebaiknya dilepas dulu lensa kontaknya sebelum memakai obat ya, dan baru boleh memakai lagi sekitar 10 sampai 15 menit kemudian.

 Sekarang saya ga bakal cemas lagi untuk ngaca tiap saat cuma buat lihat mata memerah atau tidak di ruangan ber AC. Pokoknya kalau mata sudah mulai terasa tidak nyaman, sekali tetes Insto Dry Eyes, semua gejala mata kering bebaaaas ^_^.

 

 

Categories: Review, Tips

Tagged as: ,

14 replies »

  1. Ngetik di word aja kadang mata lelah dan butuh istirahat ya. Apalagi kalo excell wiiiih kunang2 tuh mata kalau ga lihat yang hijau2. Kasian jadi kering deh matanya. Untung sekarang ada solusi Insto Dry Eyes ya. Cucok bener buat kita2 yg hobi nulis blog 😊

    Liked by 1 person

    • Huhu…u know me so well mb 😍. Sejak ada Insto memang terbantu bgt saat harus berlama-lama di depan layar komputer.

      Like

  2. Suka serba salah ya mba, kerja di ruang tertutup ber-AC mata bisa cepat kering. Pas di luar reaiko kena debu mata jadi iritasi. Kalo Mata udah merah memang jadi kurang pede saat harus bertemu orang. Rasanya pasti nggak nyaman. Nah, untung ya ada insto, penyelamat mata merah dan iritasi.. 🙂

    Liked by 1 person

    • Nggak nyaman memang rasanya. Apalagi mata saya sensitif banget sama AC, baru masuk udah berair. Padahal ga ada yang disedihin 😆. Insto dry eyes membantu sekali 👍.

      Like

  3. Aku kalau habis berkegiatan sampai rumah dan mandi terus pakai deh obat tetes ini. Rasanya plong deh caiaran mata langsung tergantikan rasanya gimana gitu mata dari luar ketemu debu debu yang nggak keliatan kan

    Liked by 1 person

  4. Aku juga pakai Insto mba dan memang andalan juga. Belakangan kan semakin sering lihat layar komputer dan itu mudah bikin mata perih dan sakit

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s