Resep Cawanmushi Halal

Resep Cawanmushi Halal

Halo teman-teman, bagi kalian peminat makanan Jepang pasti sudah tidak asing dengan Cawanmushi. Masakan berbahan dasar telur yang bisa divariasikan ini memang sangat gurih dan sehat. Namun, dalam resep aslinya, cawanmushi mengandung sake dan mirin yang pastinya tidak bisa dikonsumsi oleh muslim. Oleh karena itu, kali ini aku akan membagikan resep cawanmushi yang biasanya aku buat saat lagi ingin mengonsumsi makanan Jepang dengan aman. Yuk simak resep dan cara membuatnya.

Bahan utama:

1 butir Telur

150 ml Dashi (Kaldu ikan)

½ sendok makan Kecap asin Jepang (Halal Japanese soy sauce)

1 sendok teh Halal mirin

Garam secukupnya

Toping:

Udang, dipotong kecil

Jamur (shitake, shimeji, kancing, dsb), dipotong kecil

Irisan daun bawang

Cara membuat:

  1. Sebelum mencampur semua bahan, pastikan perbandingan telur dan dashi 1:3, contohnya jika telurnya 1 butir (50 gr), maka dashi yang dipakai 150 ml. Cara membuat dashi bisa dilihat di sini
  2. Kocok telur bersama soy sauce, halal mirin, dan garam. Campurkan dashi lalu aduk sampai tercampur rata.
  3. Agar tekstur cawanmushi lebih lembut, saring campuran telur tadi ke tempat yang baru
  4. Siapkan mangkuk kecil tahan panas, bisa berupa fiber glass atau keramik, lalu atur isian. Mula-mula isi dengan udang dan jamur, lalu tuang campuran telur tadi ke tiap wadah.
  5. Beri taburan irisan daun bawang atau parutan wortel di atasnya. Tutup dengan alumunium foil.
  6. Siapkan panci kukusan dan isi dengan air sekitar 3 cm dari alas panci. Setelah mendidih, kukus cawan mushi selama 10-15 menit
  7. Angkat dan hidangkan selagi hangat

Catatan

Cawanmushi yang baik mempunyai tekstur lembut tanpa adanya gelembung udara. Sampai saat ini aku masih belum berhasil membuat cawanmushi yang sempurna. Kegagalan ini biasanya karena terlalu kencang saat mengaduk campuran telur dan dashi sehingga banyak gelembung udara terperangkap di dalamnya. Maklum, karena biasanya sudah terlalu lapar jadinya ingin cepat selesai saja. Jangan ditiru ya teman-teman ^^. Selain itu, temperatur saat mengukus harus diperhatikan jangan sampai terlalu panas (lebih dari 100 derajat Celsius).

Cawanmushi sangat menyehatkan karena kandungan jamur, udang dan telur di dalamnya dapat meningkatkan imun tubuh. Selain itu, resepnya sangat mudah dipraktekkan dan sangat cocok bagi kalian yang ga pernah mau ribet dalam memasak. Jadi, cukup ini dulu ya teman-teman, tunggu postingan selanjutnya di blog ini. Semoga bermanfaat ^_^.