BPN Ramadhan 2021

#1: Arti Nama Blog

Alhamdulillah, sudah masuk hari pertama Ramadhan. Bagaimana kabar teman-teman? Semoga puasanya lancar dan penuh dengan hal yang produktif. Aamiin.

Postinganku kali ini berkaitan dengan tantangan menulis blog selama 30 hari dari Blogger Perempuan. Sebetulnya di komunitas ini, saya terbilang masih sangat hijau. Akan tetapi, aktivitas ngeblog sudah saya lakoni sejak belasan tahun silam. Tepatnya tahun 2013. Kala itu, saya memilih blogspot sebagai platform blogging awal karena menurut saya blogspot sangat mudah dicerna saat itu.

Kembali ke pembuatan blog pertama kali. Dulu saya belum mengenal yang namanya branding, jadi pemilihan nama blog murni karena saya suka saja dengan nama tersebut. Contohnya, blogspot awal saya bernama “celotehmira”. Kalau diingat-ingat, saat itu bahkan banyak sekali tulisan absurd yang sangat jauh dari tata bahasa indonesia yang baik dan benar. Intensitas menulisnya pun bisa terbilang sesuka hati. Tak ada jadwal, tak ada target, murni hanya curhatan saja. Lalu, setelah selang beberapa tahun kemudian, karena email yang saya pakai untuk blog juga tidak pernah saya pakai, akhirnya saya memutuskan untuk menghapus blog tersebut. Beberapa tulisannya sih masih saya simpan dengan baik.

Pemilihan dan Arti Nama Blog

Tepat pada tahun 2016, semangat ngeblog saya bangkit kembali. Bermula dari kesulitan yang saya temukan setiap kali mencari informasi saat melakukan perjalanan ke luar negeri, akhirnya saya memutuskan untuk membuat semacam jurnal perjalanan saya yang kala itu menuju Jepang.

Platform blog saya pun berganti menjadi wordpress. Saya ingin mencoba hal yang baru dan sekilas saya lihat penawaran tema wordpress terbilang cukup elegan. Apakah saat itu saya membuat bubur merah putih untuk memilih nama blog? Tentu saja tidak ya ^_^. Nama blog yang saya pilih tetap sesuka hati saya, “Catatan Si Cikal”. No branding at all!

Lantas apa makna di balik nama blog yang saya pilih? Catatan berarti jurnal harian, apapun yang menurut saya berharga untuk diingat dan dibagikan. Sementara Si Cikal adalah saya sendiri yang kebetulan anak pertama. See how narcistic I am! Maafkeun. Haha…sebenarnya lebih karena saya merasa pandangan dari anak sulung akan sedikit berbeda dari anak tengah atau bungsu. Jadi saya secara tidak langsung mengklaim tulisan saya sebagai perjalanan seorang anak pertama baik dalam melihat dirinya sendiri, sekitarnya, dunia, masa lalu, saat ini dan masa depan.

Saya masih menulis dengan tujuan awal saya yaitu berbagi hal yang bermanfaat. Bahkan niche blog saya bisa dibilang gado-gado, mostly traveling, sesuai dengan tagline blog ” A Random Traveler with Notes and Other Things” karena tulisan saya adalah seputar perjalanan baik yang saya temui sehari-hari atau pengetahuan yang ingin saya bagi.

Harapannya dari nama blog saat ini, saya selalu mempunyai hal bermanfaat yang bisa saya catat dan saya bagikan. Itu artinya, perjalanan saya pun senantiasa bermanfaat di dunia. Bukankan sebaik-baiknya insan adalah yang bermanfaat bagi sekelilingnya?

Ada istilah Scripta Manent Verba Molant, tulisan itu abadi sementara ucapan akan terbang. Semoga saja hal bermanfaat yang pernah saya tulis bisa menjadi ladang kebaikan bagi sesama. Setidaknya, bagi orang yang ingin pergi ke Jepang pertama kali, misalnya artikelku yang berjudul “Pengalaman Naik Thai Airways ke Jepang”. Jadi tahu seperti apa persiapan yang harus dilakukan. Nah, semoga teman-teman juga bisa mengambil hal-hal positif dari blog ini.

Cukup dulu ya teman-teman. See you on the next post!

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s