BPN Ramadhan 2021

#2: Lima Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Ngeblog

Hai teman-teman, di postingan sebelumnya saya sedikit mengulas makna di balik penamaan blog ini yang tidak ada brandingnya sama sekali. Lantas apakah branding selalu menjadi alasan bagi kamu dalam memulai blog? Jawabannya adalah ya dan tidak. Ya, jika tujuan utamamu ngeblog adalah untuk mendapatkan penghasilan dan tujuan jangka panjang lainnya. Tidak, jika aktivitas ngeblogmu tidak terlalu mempermasalahkan besaran keuntungan yang bisa didapat dari sebuah blog.

Loh, memangnya blog menguntungkan? Saya juga baru memahami ini dalam beberapa kurun waktu terakhir. Yuk ulik sebentar.

  1. Blog bisa mendatangkan uang

Jika tulisan opini di media massa saja bisa menghasilkan, kenapa tidak dengan blog? Alasan mulai ngeblog untuk mendapatkan uang mungkin terdengar tidak etis. Tapi itulah kenyataannya. Ada banyak sekali blogger yang bahkan sudah berhasil mendapatkan pendapatan yang stabil dari blog. Mulai dari membuat ulasan produk, sinopsis film, penyedia jasa, berbagi ebook gratisan, bahkan berbagi resep masakan.

Masing-masing blogger yang sudah mempunyai niche atau tema blog yang khusus, mempunyai pembaca yang setia. Oleh karenanya, para penyedia iklan juga akan lebih tertarik memasang iklan mereka pada blog dengan tingkat kunjungan pembaca yang tinggi. Di samping itu, ada banyak sekali kompetisi blog yang memberikan hadiah bukan kaleng-kaleng.

Bahkan untuk kompetisi blog yang diadakan oleh kementrian atau BUMN, hadiahnya bisa mencapai jutaan. Menarik bukan? Karena itu, ngeblog bisa dibilang aktivitas yang menyenangkan untuk digeluti. Bahkan untuk para pemula sekalipun, kesempatan mendapatkan tawaran menulis artikel berbayar sangat terbuka lebar.

Tentu saja ini juga tergantung seberapa giat dan kuat keinginan blogger tersebut dalam mencari kesempatan menulis berbayar tersebut. Semua blogger mempunyai kesempatan yang sama baik yang blognya sudah TDL ataupun masih gratisan.

2. Blog adalah teman terbaik

Maxwell Maltz pernah mengatakan bahwa berteman dengan diri sendiri membuatmu tidak sendirian. Itulah blog. Media yang bisa menjadi teman yang “aman” untuk bercerita atau bertukar pendapat. Kita tidak perlu khawatir apakah teman ini akan merasa bosan atau tertekan dengan curhatanmu karena membuat waktunya terbuang.

Blog juga tidak akan membuat rahasiamu bocor, kecuali kamu membuat pengaturan postinganmu menjadi publik. Tapi tetap saja, di blog kamu bisa mengontrol apakah pendapatmu ini mau dibagikan dengan orang lain atau tidak.

Kita juga bisa lebih bertanggung jawab dengan tulisan yang sudah dibagikan dan melihat dengan pasti perjalanan pemikiran kita dari setiap tulisan. Mungkin ada satu masa dimana kita kembali ke beberapa waktu lalu lantas melihat tulisan lama kita dan berkata, ” Ya ampuun…bahasaku kacau sekali” atau ” Gila! Kenapa dahulu topik ini bisa membuatku begitu pusing. Padahal menurutku sekarang tak ada apa-apanya”.

Hal-hal kecil tersebut yang bisa kita telusuri dari kalimat ke kalimat. Paragraf ke paragraf. Menyenangkan bukan berteman dengan seseorang yang bisa menjelaskan perubahanmu tanpa harus judging dalam hati dan sangat jujur dalam menyampaikan penilaiannya?

3. Blog bisa menambah teman dan mempererat tali silaturahmi

Tulisan dalam blog tentunya bisa dibaca oleh semua orang dari seluruh pelosok di dunia melalui mesin pencari. Jika tulisan yang dibaca membuat mereka nyaman dan merasakan manfaatnya, bukan tidak mungkin pengunjung blogmu akan menjadi follower setia. Dari sini pertemanan kita akan bertambah, mulai dari blogger dengan pembaca, maupun antar blogger sendiri.

Tak jarang para blogger mendirikan pertemuan komunitas blogger, baik berdasarkan lokasi, kesamaan niche blog, bahkan hobi. Istilah kopi darat/gathering tentunya tak asing lagi didengar, yaitu acara pertemuan para blogger di dunia nyata. Jaringan pertemanan pun bisa semakin luas seiring dengan pengetahuan yang bisa dibagikan. Tentu saja, dalam satu komunitas misalnya, ada blogger fotografi dan kecantikan. Kita bisa bertukar ilmu dengan mereka lewat tulisannya dan juga mengikuti aktivitas mereka yang juga kadang menarik untuk dicoba.

4. Blog adalah investasi masa depan

Bukan hanya logam mulia yang bisa diinvestasikan, blog juga bisa! Bagi blog yang bergerak di bidang jual beli ebook misalnya. Bahkan tanpa harus mengupdate blognya setiap hari, pendapatannya masih bisa masuk dari hasil jual beli ebook yang tak lekang dimakan waktu karena dilakukan secara online. Ada juga yang berasal dari iklan. Inilah yang disebut dengan passive income. Bahkan untuk blog dengan rank yang tinggi, bisa memasang harga untuk domain ataupun nama blognya dengan percaya diri di pasar hosting. Barangkali blogmu mempunyai nama unik yang diinginkan perusahaan kan, mana tau ada yang seperti itu.

Selama platform blognya masih ada, blog kita tidak akan pernah hilang dan lekang dimakan zaman. Bahkan kita tidak perlu repot-repot menyediakan brankas besi untuk menyimpan semua tulisannya. Paling hanya memastikan apakah terdapat link yang rusak atau artikel yang harus diupdate. Kuncinya hanya satu, tekun ^_^.

5. Tulisan di blog adalah harta yang berharga

Alasan terakhir kenapa kamu harus mulai ngeblog karena tulisanmu itu sangat berharga. Seperti yang sebelumnya pernah saya singgung, tulisan itu abadi dan kata-kata akan terbang. Maka tulisan akan senantiasa diingat sampai kapanpun karena terekam dengan baik sampai titik koma.

Alangkah baiknya jika blog yang kita buat, bukanlah berisi curhatan galau saat hari mendung. Karena kalau tulisan ini abadi, tentu bukan kamu di masa depan saja yang akan tergelak-gelak melihat tingkah konyol masa lalumu. Tapi juga pembaca saat itu yang merasa apa yang kamu bagikan bisa jadi tak menarik atau bahkan membuat mereka menyesal telah membacanya.

Loh, tapi kan blog hak penulisnya. Terserah dong mau untuk apa. Benar sih, sebenarnya menulis adalah terapi terbaik untuk jiwa. Biasanya yang galau juga lebih senang menulis curhatannya di media sosial. Tapi, itukah yang kamu mau teman? Kegalauan tidak semuanya harus diumbar. Bisa jadi kita membuat tulisan galau di blog dan set untuk pribadi saja agar suatu saat kita bisa kembali melihat kegalauan tersebut, apakah cukup berharga untuk membuat harimu kacau?

Lagipula, masih ada baaaanyak lagi hal yang bisa kamu bagi dengan orang lain. Contoh kecil, tips atau cara melakukan sesuatu. Selain bermanfaat membuat orang yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, hal ini juga tidak pernah lekang dimakan zaman. Dengan menebar kebaikan, maka kita pun bisa menuai buahnya.

Secara keseluruhan, dengan ngeblog kita bisa mendapatkan manfaat materil dan immateril. Jadi tunggu apa lagi, yuk mulai ngeblog!

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s