BPN Ramadhan 2021

#6: Top 5 Film dan Serial TV Terfavorit

Menonton TV di akhir pekan bisa jadi sangat membosankan karena siarannya yang itu-itu saja. Apalagi situasi pandemi saat ini tidak memungkinkan kita untuk leluasa pergi ke tempat-tempat yang jauh. Karena itu, saya merekap rekomendasi tontonan terfavorit versi catatansicikal yang terbilang sudah lama tapi mengasyikkan untuk kamu nikmati baik bersama keluarga maupun sendirian. Yuk intip daftarnya!

  1. Sherlock (2010)

Film series ini cocok banget untuk kamu penyuka kisah detektif. Sherlock diangkat dari Novel karangan Sir Arthur Conan Doyle yang mengisahkan petualangan dari Sherlock dan juga temannya Watson dalam mengungkap kejahatan mulai dari yang kecil sampai kejahatan jenius yang diprakarsai oleh Profesor Moriarty, ilmuwan jenius yang merupakan lawan terbesarnya Sherlock.

Kepiawaian Benedict Cumberbatch dalam memerankan Sherlock di film ini menurut saya sangat pas dengan karakter Sherlock Holmes yang ada di novelnya. Meskipun Sherlock aslinya berasal dari Skotlandia, tapi aksen British di film ini membuat saya anteng menonton sampai habis. Kamu juga akan dimanjakan dengan pengambilan kamera dan tata cahaya film yang menurut saya sangat unik dan cerdik. Apalagi di series-series terakhirnya saat kematian Profesor Moriarthy, terdapat scene yang bisa membuatmu terkagum-kagum dengan plot twist yang tak terduga. 

2. The Walking Dead (2010)

Ga suka film horor tapi nonton zombi hayuk aja? Nah ini cocok buat kamu yang penggemar berat para mayat hidup dan juga genre film survival. Meskipun terbilang tema lama, ternyata film zombie selalu dinanti setiap saat. Buktinya The Walking Dead masih bertahan sampai membuahkan 20 seriesnya sampai sekarang. Kamu bisa melihat kegigihan Rick dan kawan-kawannya di film ini untuk bertahan dan berjuang menghadapi dunia yang hancur akibat wabah zombie. Di samping itu, kita juga bisa belajar tentang arti kemanusiaan di film ini.

Ada sekitar 10 sampai 12 episode di setiap seriesnya. Kita bisa menikmati perkembangan karakter dari setiap tokoh yang bisa memberikan pelajaran. Oh iya, dalam TV series ini juga kadang kita terkecoh dengan kematian tokoh unggulan yang tidak bisa diprediksi.

3. Rurouni Kenshin (2012)

Diangkat dari manga Samuarai X karangan Nobuhiro Watsuki, Rurouni Kenshin mengisahkan perjalanan hidupnya Kenshin si Batosai di periode Meiji. Dalam adaptasi live action ini, kisah Kenshin terbagi menjadi 3 part, mulai dari Rurouni Kenshin, Kyoto Inferno dan The Legend Ends.

Masing-masing menyuguhkan cerita dan sinematografi yang apik, serta keindahan Jepang pada masa dulu. Saling keterkaitan antar filmnya pun sangat baik sehingga penonton tidak akan bosan untuk menontonnya berulang kali. Apalagi, dalam film series ini Takeru Satoh sebagai pemeran Kenshin Himura sangatlah berhasil membawakan karakternya dengan apik. Sebagai penggemar series manga Samurai X, saya merasa trilogi film ini bisa terbilang berhasil dengan baik dalam mengadaptasi cerita manganya yang asli.

4. Chihayafuru (2016)

Ini salah satu adaptasi dari manga juga yang berjudul sama karangan Yuki Suetsugu dan terbagi menjadi 3 bagian. Chihayafuru berhasil membuat saya jatuh cinta dengan olahraga asal Jepang yang terbilang unik dan indah. Unik karena olahraga ini tidak seperti olahraga pada umumnya, karena yang dipertandingkan adalah ketangkasan dalam menebak lirik puisi berikutnya. Namun siapa sangka, olahraga ini ternyata tidak mudah dilakukan dan sangat menguras energi loh. Syair puisi dalam Chihayafuru juga sangat indah dan mempunyai makna yang sangat dalam.

Pada adaptasi live actionnya, Chihayafuru dibintangi oleh para aktor dan aktris yang cakep-cakep, seperti Suzu Hirose dan McKenyu. Kalau kalian suka jejepangan mungkin hafal dengan kedua aktor dan aktris ini. Di samping itu, kita juga bisa belajar mengenai budaya Jepang dari film ini.

5. Satorare (2002)

Bayangkan jika pikiranmu bisa dibaca oleh orang sekitar dalam radius tertentu. Menakutkan bukan? Inilah yang disuguhkan oleh film lama berjudul Satorare. Sekalipun sangat fiksi sekali, menurut saya film ini berhasil membuat saya terpingkal-pingkal di akhir pekan. Selain dialog kocak dan tingkah laku Kenichi si pemeran utama, setiap karakternya juga memberikan warna tersendiri di film ini.

Yang unik adalah fenomena pikiran yang transaparan ini dianggap sebuah penyakit langka dan dilindungi oleh hukum Jepang. Kocak banget kan? Coba deh ditonton biar tahu sepak terjangnya orang-orang di sekeliling Kenichi yang berusaha sebaik mungkin dalam merespon penyakit ini.

Nah, itulah beberapa film series dan serial TV terfavorit versiku. Kok ga ada yang dari Koreanya? Mungkin lain kali ya. Next, saya akan membuat daftar panjang film baik dari Asia maupun non Asia supaya kamu punya cukup banyak stok film di akhir pekan. See you on the next post!

Leave a Reply