BPN Ramadhan 2021

#21: Kegiatan Favorit Bersama Keluarga Saat Ramadhan

Tidaakk! Sudah mau sampai akhir bulan Ramadhan saja teman-teman. Meski sedih mau ditinggalkan, tapi kita tetap harus semangat. Salah satunya berkegiatan dengan produktif saat Ramadhan. Mumpung di rumah saja, apa sih kegiatan favorit yang bisa kita lakukan bersama saat Ramadhan?

1. Shalat berjamaah

Suka banget kan sama suasana kompak keluarga saat berjamaah. Apalagi setelahnya mengaji bersama. Catatansicikal waktu masih belum mencar-mencar kayak sekarang, sangat bahagia banget kalau sudah berjamaah bareng keluarga. Mulai dari membuat daftar siapa yang jadi imam sampai tadarusan bareng.

2. Membuat kue lebaran

Menjelang akhir Ramadhan biasanya dapur sudah sibuk dengan kegiatan membuat kue sampai bertoples-toples. Macamnya juga banyak mulai dari nastar, kastangel, putri salju, manisan kolang kaling, dsb. Jadi, pagi hari pasti sudah mulai keroncongan karena wangi kue yang semerbak sampai ke ruang depan. Meskipun bisa saja memesan kue, tapi membuat sendiri bersama anggota keluarga lainnya sangat menyenangkan. Ada momen yang akan dikenang dan terbawa ketika masing-masing anggota punya keluarga kecil sendiri.

3. Membuat Ketupat

Nah ini dia kegiatan lain yang paling disuka. Membuat ketupat! Mulai dari membuat cangkang ketupatnya terlebih dahulu. Selain bisa mahir dalam memasak ketupat, kita juga bisa mengasah kemampuan dalam membuat cangkangnya yang terbuat dari daun kelapa yang masih muda. Ada banyak tipe ketupat loh kalau kalian kreatif.

4. I’tikaf

Pernah ga sih kalian i’tikaf bareng keluarga? Saat pandemi belum ada mungkin banyak keluarga yang melaksanakan i’tikaf atau berdiam diri selama sepuluh hari terakhir di mesjid. Tempat i’tikaf favorit biasanya meshid besar seperti Mesjid Istiqlal, Mesjid BI, Mesjid Sunda Kelapa dan Mesjid At Tiin

5. Belanja Baju Ramadhan

Baik beli baru maupun bekas, kegiatan membeli baju pada bulan Ramadhan bersama keluarga juga mengasyikkan. Biasanya ada juga yang menjahit baju keluarga atau sarimbitan supaya pada hari Idul Fitri semua anggota keluarga memiliki baju seragam dan cantik saat difoto. Namun, tetap dicatat ya teman-teman esensi Ramadhan bukanlah dengan pakaian atau euforia bebas makan minum lagi setelah 30 hari puasa, tapi lebih kepada pembentukan karakter kita setelah puasa ini.