BPN Ramadhan 2021

#22: Tips Olahraga Saat Puasa

Puasa sih tapi badan kok tetep melar. Mau olahraga, baru jalan sebentar aja lihat air mancur berasa haus. Ada yang kayak begini? Adaaaaa…termasuk yang nulisnya.

Padahal olahraga itu perlu tapi pas puasa maunya ga banyak gerak biar ga haus. Lalu apa tips dan triknya olahraga saat puasa supaya terhindar dari rasa capek berlebihan dan membuat badan jadi tambah bugar.

1. Olahraga di sore hari

Sambil ngabuburit, olahraga sore adalah pilihan yang baik dan menyehatkan. Kita jadi ga terlalu lama menunggu waktu berbuka dan bisa langsung mengembalikan cairan tubuh yang banyak hilang saat olahraga.

2. Olahraga ringan

Pilihlah olahraga yang ringan untuk dilakukan. Apalagi bagi yang tidak terlalu rutin olahraga, maka levelnya harus dari yang paling ringan dulu semisal jalan kaki atau jogging. Hal ini juga bisa menghindarkan tubuh kita dari rasa kaget akibat kurangnya asupan cairan.

3. Banyak minum air putih

Perbanyaklah minum saat sahur dan berbuka. Jika persediaan cairan dalam tubuh berimbang, maka olahraga pun tidak akan lemas dan capek. Biasakan juga minum dengan air hangat yang akan menguatkan lambungmu seharian.

4. Konsumsi makanan berserat tinggi

Pada dasarnya makanan yang kaya serat akan memakan proses pencernaan lebih lama. Oleh karena itu, perbanyak sayuran, oatmeal dan makanan berserat lainnya.

5. Cukupkan istirahat di malam hari

Baik puasa maupun tidak, istirahat malam hari itu wajib. Dengan istirahat yang cukup, maka metabolisme tubuh akan berjalan dengan baik. Pada akhirnya, semua yang berhubungan dengan penyerapan makanan yang nantinya akan tersalurkan menjadi energi pun lancar. Dijamin kita tidak akan kelelahan meskipun berolahraga.

6. Minum susu atau vitamin

Olahraga akan memforsir sendi kita. Karena itu, menguatkan sel tulang itu wanin agar ke depannya kebugaran tubuh tetap terjaga. Selain itu, lengkapi kebutuhan vitamin dengan memakan tambahan vitamin eksternal meskipun tidak rutin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s