Yuk Dukung Net Zero Emissions Dari Rumah!

Saat ini produksi terbesar emisi diemban oleh pelaku produksi masif seperti pelaku industri, namun tak ada salahnya jika kita sebagai individu juga turut ikut memikirkan dampak emisi.

Ingat-ingat, lebih dari 50 % PDB Indonesia pun ditopang oleh konsumsi rumah tangga

Sumber: BPS

Lantas apa saja hal-hal yang bisa kita upayakan dalam mendukung zero net emisi?

1. Batasi Penggunaan Plastik

Plastik memang kuat dan tahan lama, tapi juga sangat susah diurai. Butuh waktu ribuan tahun sampai akhirnya satu buah plastik benar-benar hilang dari muka bumi. Maka dari itu, biasakan memakai tas belanja berbahan kain. Dengan banyaknya model dan motif saat ini, tas belanja pun bisa menjadi bagian dari style fashion kamu.

2. Biasakan Menggunakan Kendaraan Umum

Jalanan saat ini sudah padat sekali dengan kendaraan bermotor, apalagi di kota besar. Padahal, konsumsi kendaraan bermotor di Indonesia saat ini didominasi oleh bahan bakar fosil seperti bensin.

Maka dari itu, dengan menggunakan kendaraan umum, kita bisa membantu mengurangi produksi gas buangan yang berbahaya bagi lingkungan.

3. Investasi dan Menabung di Bank yang Concern Masalah Lingkungan

Tahukan #MudaMudiBumi, jika keuntungan bank itu didapatkan dari investasi dan kredit? Maka dari itu, pastikan bank tempat kalian berinvestasi atau menabung adalah bank yang mempunyai agenda ramah lingkungan dan tergabung dalam asosiasi green financing.

Saat ini, masih banyak bank di Indonesia yang bergerak dalam memberikan bantuan dana bagi perusahaan batu bara. Padahal, batu bara sendiri merupakan penghasil gas buangan karbon paling tinggi. So, be wise!

4. Konsumsi Energi Secara Bijaksana

Baik itu listrik, gas maupun bensin, pastikan #MudaMudiBumi menggunakannya sesuai kebutuhan. Contoh kecilnya saja saat mencharge ponsel, jika sudah penuh jangan biarkan adapternya tetap terhubung dengan stop kontak.

Biasakan untuk tidak boros energi ya #MudaMudiBumi. Selain supaya hemat bayar listrik bulanan, juga karena listrik di Indonesia saat ini sebagian besar masih dihasilkan dari pembangkit listrik berbahan energi utama batu bara. Hm, jadi tahu kan sebabnya kenapa harus hemat listrik?

Nah, semoga ulasan mengenai Net Zero Emissions ini bermanfaat ya #MudaMudiBumi. Yuk, kita sama-sama bertekad #UntukmuBumiku, kami akan terus menjaga lingkungan dan ikut dalam aksi mitigasi perubahan iklim!

Pages: 1 2 3

Member of Blogger Perempuan, data collector, and a random traveler who love to snap beautiful pictures with the undeniable interest over books and movies

39 Comments

Comments

Translate »
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: