Laptop Murah di Bawah 6 Jutaan. Apa ya?

Setiap tahunnya produk laptop dari berbagai merk mengeluarkan produk terbaru. Tentu saja masing-masing mempunyai target pasar tersendiri termasuk laptop terjangkau alias murah yang dari spesifikasi tak jauh beda.

Bagi kaum low budget seperti saya, maka hal pertama yang selalu saya lakukan adalah melakukan survey terlebih dahulu sebelum membeli produknya. Hal ini semata-mata dilakukan untuk bisa mendapatkan laptop dengan performa terbaik dan harga yang terjangkau.

Seperti yang kita ketahui, istilah ada harga ada rupa memang sangat nyata. Ketika kita ingin laptop kualitas ‘dewa’ tentu saja harga yang ditawarkan dari sebuah laptop juga akan mengikuti. Tapi adakah laptop yang secara tampilan sangat OK tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam?

Kenalin dulu, HP laptop 14s-dq0508TU

Dengan ukuran layar 14” dan warna silver yang sangat elegan, laptop ini menawarkan fitur terbaik untuk kelasnya. Hanya dengan harga kurang dari 6 jutaan, kita bisa menikmati layar HD (1366 x 768). Untuk harga yang miring, menurut saya resolusi layar ini sudah worth it banget karena setara dengan resolusi layar yang juga dipakai untuk series HP lainnya dengan harga yang jauh lebih superior.

Makanya saya suka banget pas tahu soal kualitas layarnya yang satu ini. Soalnya saat menggunakan laptop, hampir 100 persen melibatkan layar. Makanya, tampilan yang tajam dan jernih sangat utama.

Jika melihat prosesornya yang masih Intel Celeron N4120, maka kita juga harus menyadari betul kalau laptop ini bukanlah laptop game. Jadi, buat kalian yang suka banget bekerja sambil main game, mungkin dengan laptop ini akan sedikit kewalahan. Apalagi, game-game berat seperti Valor atau The Sims 4.

Paling tidak laptop ini masih bisa melaju dengan kencang untuk kegiatan yang masih mendasar seperti browsing dan streaming YouTube. Tampilan grafis Intel UHD Graphics 600 menambah cemerlangnya tampilan streaming di layarmu.

Tapi, perlu diingat bahwa laptop ini hanya mempunyai memori 4GB dengan RAM 256 SSD. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk memperhatikan layar aktif yang sedang digunakan biar tidak terjadi overload. Apalagi jika sedang membuka program yang agak sedikit berat seperti Adobe Photoshop.

Series HP Laptop 14s ini dilengkapi dengan 3-cell, 41 wh Li-on. Jika digunakan secara maksimal dengan performa standar, maka laptop ini bisa tahan selama kurang lebih 5-6 jam. Saya rasa laptop ini cukup tahan digunakan dan membantu produktivitas pekerjaan dengan sangat baik.

Berikut spesifikasi lainnya dari HP Laptop 14s:

Sumber: http://www.hp.com

OS: Windows 11 Home

Prosesor: Intel Celeron N4120 (1.1 GHz base frequency, up to 2.6 GHz burst frequency, 4MB L2 cache, 4 cores

Memory: 4GB DDR4-2400 MHz RAM (1 X 4 GB)

Internal storage: 256 GB PCIe NVMe M.2 SSD

Display: 14” diagonal HD (1366 x 768), micro-edge, BrightView, 220 nits, 45% NTSC

Graphic: Intel UHD Graphics 600

Ports: 1 USB 3.1 Gen 1 Type-C, 2 USB 3.1 Gen 1 Type-A, 1AC smart pin, 1 HDMI, 1 headphone/microphone

Expansion Slots: 1 multi-format SD media card reader

Audio: Dual speakers

Webcam: HP TrueVision HD Camera with integrated dual array digital microphone

Pointing Device: HP Imagepad dengan multi-touch gesture support; Precision Touchpad support

Keyboard: Full-size, backlit, natural silver keyboard

Wireless: Realtek RTL8821CE 802.11a/b/g/n/ac (1×1) Wi-Fi and Bluetooth 4.2 combo

Power Supply Type: 45 W Smart AC power adapter

Battery Type: 3-cell, 41 Wh Li-ion

Berat: 1.46 kg

Kesimpulan

HP Laptop 14s dapat dikatakan sebagai laptop standar yang terjangkau dan masuk akal. Kualitas dari spesifikasi bagian per bagian di laptop ini juga cukup menjanjikan mengingat harga yang dipasang sangat miring. Asalkan aktivitas berlaptop ria kita masih seputar tugas kuliahan yang tak melibatkan banyak program berat semacam desain 3D atau game yang membutuhkan VGA tinggi, maka perjalanan menggunakan laptop ini pasti tidak akan ada hambatan.

Temukan berbagai laptop terjangkau lainnya!

Selain HP Laptop 14s, masih banyak lagi laptop dengan harga yang terjangkau lainnya dari HP series. Terdapat banyak pilihan laptop sesuai kriteria kalian, mulai dari laptop standar sampai laptop khusus gaming. Kalian bisa mengecek langsung produknya langsung dari website HP ataupun dari toko yang sudah terpercaya seperti Meora Prima Solusindo. Salah satu keutamaan membeli laptop dari toko terpercaya adalah adanya potongan harga dan garansi selama periode tertentu. Jadi kita tidak akan khawatir apabila terdapat masalah pada barang yang dikirimkan. Saatnya membeli laptop dengan cerdas dan cermat!

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s