Cara Menjual Barang di Thrift Store Jepang (2)

Beberapa waktu lalu saya sempat membagikan cara menjual barang bekas layak pakai. Salah satunya di thrift store terkenal Jepang yang bernama 2ndstreet.

Pada postingan kali ini saya coba berbagi pengalaman saat menjajal salah satu grup FJB Facebook. Simak terus ya!

Thrift Store di Facebook Group

Siapa sangka ternyata fasilitas FJB alias Forum Jual Beli juga masih sangat diminati warga Jepang. Hal ini didasari oleh penggunaan masif Facebook dan efektifitasnya saat membutuhkan feedback cepat.

Untuk wilayah kota Kobe maupun area Kansai, terdapat banyak FJB Facebook yang bertebaran dan aktif di media sosial.

Hal yang harus diperhatikan adalah waktu aktif terakhir interaksi anggota grup. Ini sangat penting sekali untuk melihat seberapa cepat respon yang nantinya bisa kita dapatkan saat akan berjualan dalam grup tersebut.

Adapun nama FJB yang saya ikuti waktu itu adalah Kobe Sayonara Sale. Ada banyak FJB dengan nama serupa, namun tidak sevalid grup ini.

Rich result on Google SERP when searching for "Kobe Sayonara Sale" and Thrift Store in Japan

Dalam FJB Kobe Sayonara Sale, saya sering menemukan penawaran menarik sampai gratisan. Hal ini berlaku baik untuk barang yang biasa dipakai sehari-hari sampai barang yang berkategori mewah.

Cara Mulai Berjualan Barang Bekas di FJB Facebook Kobe Sayonara Sale

  • Login dulu ke dalam akun Facebook kita lalu carilah grup Facebook yang bernama Kobe Sayonara Sale.
  • Klik icon “Gabung Grup” lalu isilah hal-hal yang ditanyakan oleh admin grup. Adapun pertanyaannya antara lain: Apakah kamu tinggal di Kobe? Jika tidak dimana kamu tinggal dan kenapa kamu bergabung dengan grup ini?
  • Pertanyaan sisanya hanya seputar persetujuan kita mengenai aturan dalam FJB
  • Setelah semua selesai dijawab maka kita tinggal posting saja barang yang akan kita jual ke dalam grup.
  • Pastikan foto barang dengan jelas mulai dari jenis barang dan juga volumenya
  • Jangan lupa cantumkan alamat pengambilan dan harga yang ditawarkan
  • Jika beruntung, maka tak kurang dari sehari barang yang ditawarkan pasti sudah banyak yang merespon. Ingat ada banyak warga Jepang maupun pendatang yang memburu preloved daripada membeli barang baru, apalagi untuk barang yang bervolume besar.

Contoh Iklan di Kobe Sayonara Sale

Rich result on Google SERP when searching for Cara menjual barang di "Kobe Sayonara Sale" and Thrift Store in Japan

Foto di atas adalah satu barang yang saya iklankan di FJB Kobe Sayonara Sale. Waktu itu, saya lupa kalau masih ada barang yang “nasibnya” belum saya perhatikan di tengah berbagai daftar jalan-jalan.

Sehingga, dengan niat menuntaskan rasa penasaran mencoba FJB selama di Jepang, akhirnya saya coba posting. Alhamdulillah, hanya selang satu hari ada yang menanyakan iklan yang saya pasang. Kebetulan ada mahasiswa India yang membutuhkan barang-barang tersebut. Akhirnya setelah deal penentuan waktu pengambilan, mahasiswa tersebut datang ke apato untuk transaksi di tempat.

Kenapa deal tempat transaksi sangat penting? Karena saat pembeli datang sendiri untuk mengambil barang, penjual yang tidak mempunyai kendaraan pribadi sangat terbantu.

Hal ini berlaku juga untuk kategori iklan yang sifatnya free items alias memberi barang secara gratis. Banyak sekali penawaran barang yang sangat bernilai lumayan seperti AC, kulkas, playstation, maupun sepeda. Semuanya diberikan secara cuma-cuma dengan syarat kita harus mengambilnya sendiri di tempat si penjual.

Bagi pengguna kendaraan umum, barang-barang besar tersebut pastinya tidak bisa diangkut. Sementara jika diangkut sambil berjalan kaki sangatlah musatahil ^_^. Makanya, kalau bisa pembeli yang datang ke tempat kita.

Jika pembeli maupun penjual sama-sama tidak mempunyai kendaraan pribadi, solusi lainnya dengan melakukan nego harga. Ada banyak mobil carteran maupun penyedia jasa pengiriman di Jepang. Kalau pembeli setuju, maka mengangkut barang tidak jadi masalah.

Selain FJB Kobe Sayonara Sale, saya juga mencoba peruntungan di tempat lain contohnya Mercari.jp, Yahoo Auction, dsb. Pembahasannya di postingan lanjutan ya. Semoga bermanfaat.

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s