BPN Ramadhan 2022

Puasa di Rumah Aja Tetap Seru dengan 5 Hal ini

Hampir medio 2022 tapi tanda-tanda berakhirnya pandemi belum terlihat. Beberapa peraturan memang sudah mulai melonggar. Tapi urusan bepergian dan berinteraksi tetap belum sebebas dulu. Jadi, beberapa kegiatan dalam puasa bisa jadi hanya dilakukan di rumah. Meski di rumah, puasa tetap akan mengasyikkan. Inilah 5 kegiatan seru yang bisa dilakukan selama puasa di rumah aja!

Puasa di Rumah Aja
Gambar: Canva (edited)

1. Berkreasi dengan Menu Masakan Baru

Selama ini mungkin kita selalu disibukkan dengan segala kegiatan puasa di luar. Sampai-sampai buku menu masakan tak sempat dilirik. Maka ini saatnya menambah dan mengasah kemampuan memasak sobat semua. Tak ada salahnya loh untuk sekedar membuat masakan sederhana yang out of the box. Apalagi puasa sekarang ini agak terasa lebih berat. Selain pandemi, suhu udara yang lebih terasa panasnya pun menjadi tantangan tersendiri. Jadi, daripada berpanas-panas keluar, mendingan kita nguplek di dapur dan bisa jadi membuat kejutan yang membahagiakan buat keluarga.

2. Bermain di Rumah Bersama Keluarga

Ada banyak cara seru dalam mengisi waktu menjelang berbuka bareng keluarga. Salah satunya melakukan permainan bersama. Bentuknya bermacam-macam. Bisa menggunakan alat seperti ludo, congklak, kartu, UNO, dsb. Bisa juga hanya mengandalkan humor-humor lama seperti main tebak-tebakan. Selain itu, kita bisa menyelingi kegiatan main juga dengan bertukar cerita yang bisa menjadi ajang deep talk yang asyik. Kapan lagi membuat quality time bareng keluarga kalau tidak sengaja diluangkan. Bener ga?

3. Menonton Film Bareng

Nobar alias nonton bareng memang sangat asyik dilakukan apalagi dengan keluarga besar. Selain komentar seru, biasanya ada saja anggota keluarga yang mempunyai pandangan berbeda dalam melihat pesan dari sebuah film. Tinggal kita menentukan saja judul film apa yang akan ditonton dan sesuai dengan kesukaan keuarga sobat semua.

4. Produktif Menulis

Menulis selalu membutuhkan waktu yang tenang dan luang. Makanya daripada diisi dengan hal yang tidak terlalu bermanfaat, mending nulis saja. Kita bisa memperkaya dan mengasah tulisan kita selama puasa di rumah. Yang kita butuhkan hanya semangat dan juga konsistensi dalam melakukan kegiatan ini. Mungkin saja teman-teman bisa menerbitkan buku di akhir Ramadhan.

5. Mengkhatamkan Al Quran

Apalagi kegiatan yang paling banyak pahalanya selain membaca Al Quran. Selain itu, membaca dan mengkhatamkan Al Quran mempunyai banyak hikmah loh selama bulan Ramadhan. Bahkan dalam sebuah hadits hitungan membaca Al Quran pada saat Ramadhan bisa bekali-kali lipat. Tadarus di rumah juga sangat nyaman dilakukan karena kita bisa fokus dan juga bisa menggali tafsirnya.

Semua kegiatan di atas tentu saja akan berbeda-beda dilakukan oleh setiap orang. Tapi, esensi puasa dimanapun berada tetap harus dijaga. Bukan hanya soal tidak makan saja, namun juga menahan hawa nafsu seutuhnya. Semoga saja kita bisa memanfaatkan waktu selama bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknnya.

Comments

Translate ยป
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: