BPN Ramadhan 2022,  Resep

Manfaat Kurma Saat Puasa

Alhamdulillah, saat ini puasa Ramadhan 1443 H sudah memasuki hari ke 7. Bagaimana teman-teman, masaih semangat kan? Pasti ada satu makanan yang mesti hadir saat berbuka puasa. Tak lain dan tak bukan buah kurma. Sebetulnya apa yang membuat buah kurma istimewa ya. Sampai-sampai buah yang satu ini identik dengan Ramadhan. Ini dia beberapa Manfaat Kurma Saat Puasa.

Ternyata buah kurma mempunyai segudang manfaat yang sangat berguna saat berpuasa. Apa saja ya manfaatnya, jadi penasaran.

1. Pengganti Zat Gula yang Mudah Dicerna

Kurma memiliki kandungan gula yang sangat mudah untuk dicerna usus. Dibandingkan gula rafinasi, gula dalam buah kurma yang asli merupakan pengisi energi yang baik setelah seharian berpuasa. Selain itu, jika kita memakan buah kurma yang memang manis tanpa pemanis buatan, maka buah kurma juga sangat cocok dimakan oleh penderita diabetes.

2. Pembersih Pencernaan

Mengutip laman Wikipedia, Ternyata kandungan buah kurma sangat kaya akan zat Tannin, yaitu zat yang berfungsi sebagai pembersih usus yang bermasalah. Bagi kalian yang seringkali bermasalah dengan pencernaan, memakan buah kurma membuat ritme dan daya kerja usus semakin meningkat. Makanya, orang yang mempunyai kebiasaan sakit perut, lambat laun akan sembuh dengan rajin mengkonsumsi buah ini.

3. Obat Alami

Puasa tahun ini banyak sekali godaan dan tantangannya. Di tengah pandemi yang melanda, kita mesti berpuasa sambil menahan diri untuk menaati protokol kesehatan di manapun. Jikalau tidak patuh, maka sakit pilek sedikit saja di saat sekarang bisa menjadi bertambah berat. Makanya, kurma bisa menjadi jalan alternatif bagi teman-teman yang tidak menyukai obat. Apalagi sebagai pencegah maupun obat alami yang mujarab, kurma bisa meredakan beberapa penyakit. Antara lain, batuk, pilek, demam dan keracunan alkohol.

4. Baik Bagi yang Sedang Program Kehamilan saat Puasa

Teman-teman yang sedang merencanakan kehamilan pasti tidak asing dengan yang namanya kurma muda. Bahkan di beberapa kasus, banyak para ibu muda yang setia membeli kurma muda secara online. Alasannya karena sudah banyak sekali pengalaman yang dibagikan terkait keampuhan kurma muda dalam meningkatkan kesuburan dan keberhasilan program hamil.

5. Salah Satu Sunnah Nabi

Memakan buah kurma merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW. Apalagi jika kita memakannya dalam hitungan ganjil maka akan semakin diberikan keberkahan oleh Allah SWT. Maka di saat puasa Ramadhan, kita bisa mengarung tiga pulau sekaligus dengan memakan kurma. Pertama, amalan sunnah kita akan diberi ganjaran berlipat oleh Allah, berbuka puasa dengan yang sehat, Menjadi orang yang disukai dan disayangi oleh Allah SWT.

Itu dia beberapa manfaat buah kurma. Tentunya masih ada lagi manfaat lainnya yang mungkin belum saya ketahui. Semoga bermanfaat.

Comments

Translate ยป
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: