BPN Ramadhan 2022

5 Alasan Kenapa Harus Ikutan Blog Challenge

Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya kenapa ada banyak event blogger yang dikhususkan sebagai kompetesi maupun challenge. Sekalipun event tersebut selalu ada, kenyataannya tak semua blogger mengikuti challenge tersebut. Ada beragam alasannya mulai dari banyak tantangan dari soal teknis maupun non teknis seperti rasa malas menulis. Nah, sebenarnya ada banyak manfaat loh kenapa seorang blogger harus ikutan blog challenge. Yuk kita ulik disini!

5 Alasan Kenapa Harus Ikutan Blog Challenge
Sumber: Desain Canva

1. Upaya Konsisten Dalam Menulis dengan Blog Challenge

Menulis bukanlah sesuatu yang mudah apalagi saat dikerjakan sendirian. Hal ini jadi agak ringan saat seorang blogger ditantang untuk menulis dengan tema sama barengan dengan blogger lainnya. Jadi ada semacam motivasi yang membuat seorang blogger lebih bersemangat untuk menulis setiap hari. Biasanya dengan tema yang sudah ditentukan, seorang blogger juga dipermudah untuk menentukan sendiri ruang lingkup tulisannya.

2. Blog Challenge Menaikkan Rank Blog

Tidak bisa dipungkiri bahwa blog yang bagus biasanya dilihat dari page rank maupun DA suatu blog. Semakin sering kita menulis biasanya blog tersebut akan semakin sering terindeks oleh Google. Meskipun bukan menjadi patokan paling utama, ranking blog ini juga memperlihatkan seberapa canggih blogger menerapkan ilmu SEO dan juga menaikkan kualitas konten blognya. Jadi, secara tidak langsung dengan mengikuti blog challeng yang biasanya berupa satu hari satu pos, maka jumlah postingan yang dihasilkan pun semakin banyak. Ditambah dengan konten berkualitas akan menarik para pembaca untuk mampir ke blog kita.

3. Blog Challenge sebagai Ajang Aktualisasi Diri

Berbeda dengan pamer, aktualisasi diri lebih ke cara seseorang untuk merealisasikan apa yang menjadi kemampuannya. Jika seseorang merasa cakap dalam hal memasak, maka dengan mengikuti blog challeng masakan akan semakin menambah daya tawar blog dan bloggernya sekaligus. Apalagi saat ini banyak sekali brand produk yang mencari blogger dengan niche tertentu yang memang sangat rinci.

4. Mendapatkan Cuan Tambahan dari Blog Challenge

Sudah menjadi rahasia umum jika blog challenge juga bisa membawa berkah. Dari yang tadinya hanya ikutan saja untuk sekedar konsisten menulis, bisa sampai jadi juara menulis blog. Bagi seorang blogger pemula mendapatkan hadiah kecil dari lomba blog saja senangnya bukan main. Apalagi jika bisa mendapatkan cuan yang lumayan besar. Terlepas dari semua itu, inti dari blog challenge adalah menyampaikan konten tulisan kepada khalayak. Menang atau tidak menang dari suatu blog challenge adalah bonus.

5. Blog Challenge Dapat Mengasah Kemampuan SEO

Ini dia momok untuk para blogger pemula. Biasanya banyak sekali lomba blog yang mensyaratkan SEO dalam poinnya. Jujur saya sendiri masih awam dalam hal optimasi SEO. Tapi, berdasarkan pengalaman mengikuti blog challenge pengetahuna mengenai cara optimasi SEO semakin bertambah meskipun belum bisa dibilang ahli. Sebetulnya SEO juga bukan segalanya bagi seorang blogger yang mengusung konten. Baik dengan SEO maupun bukan, blog berkualitas akan tetap dicari. Meski begitu, tidak ada salahnya juga loh mempelajari teknik optimasi tersebut.

Bagaimana? Adakah dari kalian yang juga tertarik mengikuti blog challenge karena alasan di atas?

Comments

Translate ยป
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: