BPN Ramadhan 2022

Hobi Mereview Menyenangkan dan Menghasilkan

Hobi Mereview Menyenangkan dan Menghasilkan

Jika ada satu hobi yang paling menyenangkan untuk digeluti tentunya banyak sekali. Saya sendiri mempunyai hobi bejibun. Satu diantaranya adalah mereview sesuatu. Review alias mengulas adalah kesenangan tersendiri yang sudah saya geluti sejak lama. Bagaimana kisahnya sehingga hobi ini saya anggap menyenangkan dan juga menghasilkan? Simak terus ya.

Awal Mula Menyenangi Hobi Mereview

Saya mulai menyadari hobi saya ini ketika berkenalan dengan Google Local Guide. Awalnya hanya iseng mengulas tempat, memberinya bintang, atau hanya menambahkan informasi yang kurang. Saya yang memang tipikal suka sekali melengkapi sesuatu, merasa tertantang saat menemukan tempat yang dirasa kyrang lengkap dari segi informasi. Jadi, saya pun mulai rajin memberikan ulasan ketika selesai mendatangi tempat atau melewati suatu jalan.

Pada tahun 2018, rupanya ada satu event dimana Google Local Guides mengadakan perlombaan untuk para Local Guide di seluruh dunia. Ketika melihat banyak sekali para Local Guide yang antusias akhirnya saya juga tergerak ingin mengikuti event tersebut. Sayang pada saat itu masih belum rezeki, namun tentu saja tetap menjadi salah satu pengalaman yang berkesan.

Apa yang Didapatkan dari Mereview Sesuatu?

Jujur, berdasarkan pengalaman pribadi, setiap kali membeli atau pergi ke suatu tempat pasti saya mengintip ulasan orang lain terlebih dahulu. Misal ingin berwisata ke suatu tempat, maka saya akan melihat ulasan tempatnya. Jika saya ingin membeli sesuatu, saya pasti akan melihat hasil ulasan produk pada platform marketingnya.

Mendapatkan ulasan yang jujur dan detil sangat berguna karena dari sana saya mendapatkan gambaran nyata tentang apa yang akan saya dapatkan jika menempuh pengalaman yang sama. Ada rasa puas saat mengetahui bahwa yang dipaparkan orang lain membantu sedikit kekhawatiran saya.

Benarkah Mereview Sesuatu Itu Menghasilkan?

Jawabannya tentu saja. Selalu ada hikmah positif dari setiap hobi. Sama halnya dengan hobi lain, adakalanya hobi yang digeluti secara serius bisa memberikan nilai tambah berupa penghasilan. Ada banyak cara untuk mendapatkan hal tersebut. Kuncinya hanya satu. Jujur.

Kejujuran adalah sifat yang harus dimiliki oleh seorang reviewer. Ulasan yang apa adanya dan tidak dibuat-buat akan sangat membantu orang yang membutuhkannya. Pada akhirnya, seorang review akan selalu diapakai jika ulasannya sangat terpercaya.

Lalu caranya menghasilkan bagaimana? Gampang banget dong. Kita tinggal cari platform review produk maupun tempat. Bisa juga menjadi reviewer lepas yang tidak berada di bawah manajemen manapun. Nah, bagaimana sobat, mulai tertarik mengulas sesuatu? Yuk dicoba.

Comments

Translate ยป
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: