Site icon catatansicikal.com

Tips Menghemat Uang THR

Tips menghemat uang THR

Selain senang bisa mudik, tahun ini juga sudah ada selebaran bahwa THR dibayarkan. Wah senang banget dong bisa dibawa pulang ke kampung juga. Eh tapi kok baru sebentar menerima THR sudah habis saja sih. Apa saja tips agar kita bisa menghemat uang THR?

1. Buat Daftar Prioritas Kebutuhan

Mmebuat daftar prioritas kebutuhan sangatlah penting. Cara ini efektif bisa mengontrol keinginan kita jika sudah lapar mata di toko. Kita bisa diingatkan barang-barang apa saja yang sedang diperlukan. Utamakan terlebih dahulu kebutuhan mendasar seperti makan, minum, tempat tinggal, dan transportasi. Sedangkan untuk barang-barang luxury atau kegiatan jalan-jalan yang belum begitu urgen, mungkin bisa kita lakukan di lain hari.

2. Menabung Sebagian THR

Mendapatkan THR bukan berarti menghabiskan semuanya dalam satu waktu. Orang yang bijak akan selalu mempertimbangkan masa depan. Oleh karena itu, menabung sebagian THR adalah hal yang sangat visioner. Catatannya adalah kegiatan menabung sebagian THR ini harus dilakukan secara konsisten dan penuh pertimbangan. Dengan cara ini kalian akan selalu mempunyai kesempatan untuk menikmati hasil THR dalam waktu lama.

3. Buat Catatan Pengeluaran

Jika kamu adalah orang yang suka melupakan hal yang rinci, maka catatan pengeluaran adalah cara ampuhnya. Kita bisa membuat daftar secara manual di buku tulis maupun melalui aplikasi. Cara ini sangat efektif saat ingin mengetahui apa saja yang sudah menjadi pengeluaran dalam sebulan terakhir, misalnya.

4. Evaluasi Pengeluaran Setiap Akhir Bulan

Setelah membuat catatan pengeluaran, maka kita bisa mengevaluasi laporan pengeluaran tersebut. Dari hasil analisis data kita bisa melihat dalam subjek apas aja yang membuat pengeluaran rumah tangga membengkak secara drastis. Jika sudah ketahuan sumber sikap boros kita, maka kita bisa mulai menguranginya.

5. Manfaatkan Berbelanja dengan Kupon Diskon

Ini dia kesukaan para ibu, yaitu diskonan. Adanya diskon belanja pada hari istimewa maupun hari raya sangat menguntungkan. Kita bisa dengan sengaja mencari belanjaan yang penuh dengan label diskon. Jadi, kita bisa menghemat beberapa ratus sampai ribuan rupiah.

Semoga bermanfaat !

Exit mobile version