Resep Brownies Magicom Pakai Tepung Mocaf

Halo teman-teman, mumpung lagi libur, kali ini aku mau berbagi resep yang terbilang irit bahan dan mudah banget pembuatannya terutama buat teman-teman yang ga punya oven. Ok, sebelum lanjut ke resep, aku mau kenalin dulu salah satu bahan yang terbilang masih jarang digunakan dalam dunia perkuean yaitu tepung mocaf. Buat kalian yang masih penasaran apa sih itu tepung mocaf bisa dilihat di ulasanku sebelumnya ya Apa Sih Bedanya Tepung Mocaf, Tepung Sagu, Sagu Tani, dan Tepung Tapioka?. Jadi, langsung aja kita lihat resepnya. Resep ini aku modif dari Youtube channelnya Nayl Moon. Karena aku kurang suka brownies yang ga terlalu manis, ada beberapa takaran yang aku kurangi jumlahnya. Ok, chop chop!

Bahan-Bahan:

-2 Telur

-75 gr gula pasir (5 sdm)

-75 gr tepung mocaf (5 sdm)

-30 gr cocoa powder/susu bubuk coklat (3 sdm) ( disini aku pakai Coklat Van Houten ya kebetulan baru dikirimin adikku hehe..)

-1 sdt baking powder

-100 gr coklat batang (lelehkan)

-100 gr mentega serbaguna

-1 bungkus susu kental manis

-Vanili secukupnya

Cara Membuat:

  • Lelehkan terlebih dahulu coklat batangan dan mentega, bisa dengan cara dimasukkan ke microwave atau di steam, sisihkan
Mulai steam (Sumber: Dok. Pribadi)
  • Kocok 2 butir telur bersama gula pasir sampai mengembang
Aku ngocoknya manual gaesss dibantu pakai Oxo (Sumber: Dok. Pribadi)
  • Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata
Sumber: Dok. Pribadi)
  • Masukkan baking powder, vanili, coklat bubuk dan susu kental manis, aduk rata dengan spatula
  • Masukkan coklat batangan yang sudah dilelehkan, diaduk kembali dengan spatula dengan cara aduk balik agar hasilnya tidak bantat
Masukkan coklat leleh ini ke adonan dengan diaduk pakai spatula ya (Sumber: Dok. Pribadi)
  • Masukkan adonan ke dalam wadah magicom yang sudah diolesi mentega dan ditaburi terigu.
Ini dia loyang dadakan wkwk (Sumber: Dok. Pribadi)
  • Klik mode cooking dan tunggu sampai tombol berpindah ke warm, lalu cetek sekali lagi ke tombol cooking. Tunggu kira-kira 5 menit lalu cek dengan garpu. Jika adonan tidak lengket maka sudah matang
  • Hidangkan brownies dengan taburan gula halus atau toping apapun sesuai selera teman-teman.
Piringnya dari kulit pinang loh 😀 (Sumber: Dok. Pribadi)

Gimana, mudah banget kan. Jadi gimana rasanya brownies yang pakai tepung mocaf?

Rasanya ga jauh beda loh dengan brownies resep yang biasanya. Tentu saja dengan memakai tepung mocaf kita bisa lebih menjaga kesehatan karena sifat tepung yang gluten free. Selain itu, penggunaan tepung mocaf juga semakin membantu usaha ekonomi rakyat karena #IndonesiaBikinBangga yang berlandaskan sumber daya alam lokal. Terus apa lagi ya yang bisa dibuat pakai produk lokal? Hm, tunggu di postingan selanjutnya ya ^^.

4 thoughts on “Resep Brownies Magicom Pakai Tepung Mocaf

  1. Saya pernah pake tepung mocaf ini untuk buat cemilan, memang hasilnya lebih ringan ya dibanding pake tepung terigu biasa, tapi lebih sehat. Kadang saya campurin juga untuk buat telur dadar, jadi lebih ngembang kayak kue hehe

    Like

  2. Wah, pas banget ini. Anakku lagi suka-sukanya ma brownies. Baru tahu lho kalau mocaf lebih sehat ternyata ya, Mbak. Jadi referensi buat bebikinan di rumah ini. 😍

    Like

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s