Site icon catatansicikal.com

Miyajima, Pulau Kecil Nan Menawan (2)

Hai…hai…balik lagi ke tulisanku yang masih nyambung sebelumnya tentang Miyajima. Bagi yang belum bisa baca dulu di Miyajima, Pulau Kecil Nan Menawan (1)

Apa saja hal-hal menarik yang bisa kita jelajahi disana? Yuk ikuti perjalanan saya!

1. Tori Gate

(Sumber: Dok. Pribadi)

Toori sendiri artinya jalan (とおり). Toori Gate adalah jalan  yang secara simbolik membatasi antara kawasan duniawi dan kawasan spritual yang suci. Di belakang gerbang terdapat Gunung Misen. Penyebutan toori sendiri tidak hanya ada di Pulau Miyajima saja tapi hampir di seluruh wilayah yang di dalamnya ada kuil. Artinya kalau ada Gerbang Toori pasti ada kuil.

Maka di Miyajima tidak heran jika akan menemukan banyak kuil dan pagoda. Keunikan Toori ini adalah penampakannya yang seolah melayang di atas air saat terjadi air pasang. Begitu juga dengan kuilnya. Seketika ada yang teringat dengan film Spirited Away ga?

Saat surut (Sumber: Dok. Pribadi)

Menurut catatan sejarah yang saya dapat dari Wikipedia, saat abad ke 6, Taira no Kiyomori, seorang penguasa dan penganut sinto terkuat di kala itu mendirikan klannya di pulau Itshukushima dan mendirikan kuil Itshukusima.

2. Kuil Itshukusima

Untuk memasuki kawasan ini ada beberapa peraturan yang harus ditaati oleh para penganut Shinto dalam berpakaian. Salah satunya tidak boleh pakai kimono. Sementara turis cukup bayar tiket masuk dan menaati beberapa larangan.

Exit mobile version