Opini

Memaknai Waktu Luang di Bulan Ramadhan

Memasuki minggu terakhir di bulan Ramadhan ini waktu sangat cepat sekali berlalu. Mungkin di awal kita sangat menyadari lamanya waktu berbuka. Namun, semakin kesini, waktu berbuka secepat kilat rasanya. Bahkan tarawih sudah tak terasa lelahnya. Dua puluh tiga rakaat saja serasa sebelas rakaat .

Tapi, sudahkah muncul perasaan itu? Keharuan karena sebentar lagi Ramadhan akan berakhir dan waktu-waktu istimewa yang tak lagi hadir. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika sisa waktu di Ramadhan ini dioptimalkan sebaik mungkin. Begitu pula dengan waktu luangΒ  yang ada di bulan Ramadhan yang semestinya semakin menambah pundi pahala kita.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan waktu luang di bulan Ramadhan?

1. Isi dengan berdzikir dan tadarus Al Quran

Sudah tercapaikah target tadarus Al Quran kita? Jika belum, maka kejarlah saat waktu luang tersedia. Ada banyak manfaat dari tadarus Al Quran. Selain memperlancar bacaan kita, membaca terjemahannya juga semakin menambah pemahaman terhadap wahyu Allah dan semakin mendekatkan diri kita kepadaNya.

2. Memperdalam hobi yang bermanfaat

Selain tadarus, waktu luang juga bisa diisi untuk mengembangkan hobi. Dari yang tadinya hanya tahu kulit saja, bisa diperdalam dengan semakin fokus mempelajari seluk beluk dan pengembangannya. Contohnya, blogging, fotografi, menjahit, merajut, menulis dan lain sebagainya.

3. Mendengarkan ceramah agama

Dengan semakin maraknya penggunaan youtube, maka tak ada lagi yang namanya kendala dalam mencari ilmu. Di manapun bisa. Oleh karena itu, saat ada waktu rehat, mendengarkan kajian ilmu, kultum, ceramah, dari para ulama yang kita favoritkan bisa mengatasi rasa bosan sambil meraih ilmu dan pahala.

4. Murojaah hafalan

Nah, ini mantap sekali kalau bisa dilakukan. Jujur, penulis sendiri masih belum mampu menerapkan aktivitas ini. Selalu ada saja godaannya. Mudah2an lambat laun bisa berubah menjadi lebih baik.

5. Ikutan quiz islami

Biasanya pas Ramadhan quiz bermuatan materi islam sangat banyak. Selain bisa dapat hadiah, kitq juga bisa mengasah dan menambah ilmu agama. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui kan?

Dari lima hal tadi, mana saja yang sepakat dan sudah teman-teman lakukan?