Resep

Resep Dashi

Hai teman-teman, untuk postingan kali ini aku mau membagikan resep Dashi yang sangat mudah dipraktekkan. Biasanya Dashi digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat cawanmushi maupun sup yang berasal dari Jepang. Ada banyak cara membuat dashi, bisa dengan ikan, kulit ikan, udang ataupun bonito flakes atau biasa disebut dengan katsuobushi.

Nah, kali ini aku membuat dashi menggunakan katsuboshi yang bisa dengan mudah teman-teman beli di toko online atau  supermarket.

Bahan:

Katsuoboshi

Air seperlunya

Cara membuat

  1. Didihkan air sampai terlihat gelembung udara
  2. Masukkan katsuobushi lalu aduk sampai katsuobushi tenggelam semua. Ingat perbandingan katsuoboshi dan air adalah 1 : 1. Jika kamu perlu dashi 150 ml, maka dibutuhkan katsuoboshi sekitar 150 gram. Tapi ini tergantung kebutuhan teman-teman sih, karena biasanya aku lebih suka kalau rasa katsuoboshinya terasa sangat kuat.
  3. Aduk perlahan sampai mendidih sekitar 4-5 menit
  4. Saring air tersebut dan pisahkan ke dalam mangkuk atau teko
  5. Air inilah yang disebut dashi yang bisa dijadikan campuran untuk cawanmushi maupun sup

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan? Sekalipun hal ini sangat sederhana untuk dilakukan, tapi dashi sangat memegang peranan penting dalam meningkatkan rasa gurih masakan Jepang tanpa bantuan penyedap rasa. Kalau sudah punya dashi, kita tak perlu lagi mengandalkan penyedap rasa. Lebih aman, lebih murah, dan lebih sehat.