BPN Ramadhan 2021

#11: Sumber Inspirasi Saat Jenuh

Ada-ada saja kan gangguan saat menulis. Baru saja buka laptop, notif whatsapp muncul. Baru mulai menulis beberapa paragraf, malah bosan dan mengantuk. Rupanya, mengantuk bisa mengindikasikan kejenuhan loh teman-teman. Supaya rasa jenuh ini hilang, bagaimana caranya?

1. Mencari aktivitas baru

Biasanya saat rasa jenuh datang, kita akan susah berkonsentrasi. Salah satu kiat mengusirnya dengan mencari aktivitas yang berbeda. Bisa dengan berpindah tempat, berjalan-jalan sebentar, menonton, mendengarkan musik, melukis, memasak, membuat doodle atau membaca. Cara tersebut biasanya ampuh dan membuat mood dan inspirasi kita kembali.

2. Melihat pemandangan alam

Alam adalah obat terbaik untuk rasa jenuh. Apalagi pemandangan saat pagi atau sunrise dan saat matahari terbenam. Kita bahkan bisa mendapatkan inspirasi dan memenuhi energi untuk aktivitas ke depannya.

3. Membaca dan menonton kehidupan hewan

Bisa loh hewan memberikan inspirasi dan menyingkirkan rasa jenuh. Coba saja menonton kelakuan kucing atau kelinci saat kamu sedang penat. Ulah jahil, konyol sekaligus lucu dari hewan tersebut dijamin bisa membuat hari jenuhmu sirna. Bahkan melihat ikan koi saja bisa menjadi terapi stress loh.

4. Jalan bersama teman

Rasa jenuh datang? Mungkin saatnya kamu mulai menelpon geng Ada Apa Dengan Cintamu alias para sahabat yang asyik diajak jalan. “Tapi aku ga punya sahabat, Ka”. Yah, jalan sendiri keliling taman atau mall sudah lebih dari cukup. Sebenarnya sahabat ga mesti yang jauh-jauh loh, ajak saja mama atau saudaramu jalan. Tetap asyik kan?

5. Membaca komik

Betul! Komik bisa menjadi pelarian terbaik. Tentu saja yang dibaca adalah genre yang bagus ya. Meskipun horor kalau bagus tetap bisa memberikan inspirasi loh.

6. Mendekatkan diri pada Tuhan

Ini seriusan. Ternyata rasa jenuh dan tertutupnya kran inspirasi bisa jadi karena kita kurang ibadah. Saat jenuh melanda, membaca Al Quran dan memahami artinya bisa menjadi solusi terbaik. Al Quran adalah An nur (cahaya) dan As Syifa (obat) bagi jiwa yang sedang gontai. Selain itu, shalat yang baik juga akan memberikan dampak positif bagi hari-hari yang kita lalui. Jika shalatnya khusyuk, maka hal ini sama dengan meditasi terdalam yang bisa memberikan ketenangan dan menstimulasi otak untuk bekerja dengan ritme yang lebih santai dan tertata.

7. Mendengarkan lagu rohani atau ceramah keagamaan

Last but not least, kadang rasa jenuh bisa hilang dengan kiat ini. Dalam lagu rohani selalu terselip pesan dan nasihat kehidupan. Biasanya, otak yang lagi mumet, jiwa yang lagi galau, bisa terobati dengan hanya mendengar lagu rohani atau mendengarkan ceramah.

Jadi, kalau sedang jenuh bisa tuh teman-teman coba kiat di atas. Barangkali ada yang cocok dan berhasil membuat mood dan inspirasimu kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s