BPN Ramadhan 2021

#16: Hobi Baru Yang Membuatmu Produktif Selama Pandemi

Kata siapa masa pandemi membuat orang-orang jadi mager alias malas gerak. Mungkin ruang gerak dan interaksi bisa dibatasi, tapi kreativitas tak bisa ditahan oleh apapun. Dengan adanya teknologi saat ini, ada banyak hobi yang bahkan bisa mendatangkan penghasilan tambahan. Yuk simak hobi baru apa saja yang bisa membuat kita produktif di saat pandemi versi catatansicikal!

1. Challenge Fotografi

Orang Indonesia terkenal suka sekali mengabadikan apapun. Sebentar-sebentar foto. Bahkan dari cuma hobi foto alakadarnya itu, level pemahaman fotografinya meningkat. Apalagi saat ini kamera ponsel sudah sangat praktis dan hampir menggantikan kamera mirrorless dan DSLR.

Saat masa pandemi, banyak orang meluapkan kebosanannya dengan bermain media sosial, salah satunya instagram. Nah, di sini ada banyak sekali akun yang memfasilitasi hobi fotografimu, seperti dengan adanya challenge fotografi.

Kita hanya mengupload foto dan mempertandingkannya dengan para pengguna instagram lainnya. Ada hadiahnya juga walaupun tidak seberapa. Tapi, hal yang paling bermanfaat adalah pengetahuan forografi bertambah, hobi tersalurkan, dan menambah banyak kenalan dengan passion yang sama. Asyik kan!

2. Memasak

Kalau terlalu banyak diam di rumah, mau tak mau pergi ke dapur adalah keharusan. Jadi, mengeksplorasi setiap bahan masakan, bumbu dan resep bisa menjadi hobi terampuh dalam masa pandemi. Dengan banyaknya sumber resep mulai dari cookpad maupun youtube, kita bisa dengan leluasa mencari dan mempraktekkan langsung di dapur sendiri. Dari hasil kreasi ini, banyak loh yang akhirnya membuka jasa pemesanan makanan. Kalau pun tidak untuk dipasarkan, memakan masakan hasil kamu sendiri lebih memuaskan, apalagi bisa menghidangkannya untuk orang tersayang.

3. Rajin ikut webinar

Percaya atau ga, setelah pandemi malah banyak mendapatkan informasi mengenai event. Dengan adanya interaksi secara online, kita jadi bisa mengikuti banyak sekali kegiatan tanpa harus khawatir dengan ongkos maupun jarak. Hal ini sangat menguntungkan, mengingat banyak kegiatan tersebut bermanfaat dan berdampak untuk masa depan. Bahkan event yang biasanya eksklusif seperti diskusi publik dari kementrian, sangat mudah diakses. Tentu saja hal ini bisa kita jadikan investasi masa depan yang baik.

4. Review Produk

Baik sebagai blogger, vlogger, maupun reviewer murni, aktivitas satu ini menawarkan keasyikan tersendiri. Kita bisa memakai produk yang kita sukai sambil menebarkan pengetahuan mengenai manfaat maupun kekurangan dari produk tersebut. Jadi, orang yang akan menggunakannya bisa mengetahui apakah produk tersebut cocok untuk ia gunakan atau tidak. Ini juga salah satu hobi yang bisa membuatmu dibayar.

5. Micro influencer

Saat pandemi, banyak sekali kesempatan untuk menjadi seorang influencer. Bagi yang masih mempunyai pengikut dengan jumlah yang sedikit, micro influencer juga masih bisa memberi pengaruh bagi sesama. Biasanya, hobi ini sangat variatif karena seseorang bisa menjadi reviewer produk makanan, kosmetik, dll, lalu menyebarkan hasilnya melalui media sosial yang dimiliki. Kalau rajin, bahkan seorang micro influencer bisa mendapatkan penghasilan yang sangat lumayan.

Nah, itu dia beberapa hobi terbaru yang bisa kamu lirik dan menaikkan gairah produktivitasmu selama pandemi. No mager lagi ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s