BPN Ramadhan 2022

Tempat Ngabuburit Asyik di Sukabumi

Ngabuburit sudah menjadi kebiasaan yang tak terpisahkan selama bulan Ramadhan. Semua orang khususnya warga muslim selalu bersukacita dengan kegiatan ngabuburit ini. Isi kegiatannya tak jauh-jauh dari mengisi waktu menjelang berbuka. Ada yang mengisinya dengan berbelanja, bertadarus, bahkan mencari tempat-tempat asyik ngabuburit untuk dikunjungi.

Berbicara soal tempat yang mengasyikkan untuk dipakai ngabuburit, ternyata di Sukabumi ada beberapa spot yang direkomendasikan. Selain tak jauh dari perkotaan, beberapa tempat tersebut juga bisa didatangi tanpa harus membayar. Nah, ini dia 5 tempat mengasyikkan untuk ngabuburit di Sukabumi!

1. Alun-alun Kota Sukabumi

Sumber: Republika

Alun-alun Sukabumi ini dulunya dikenal dengan nama Lapang Merdeka. Tempatnya berada di pertengahan Kota Sukabumi. Selama Ramadhan, banyak orang yang biasanya menghabiskan waktu sore menjelang berbuka dengan berolahraga tau hanya sekedar menikmati angin sore saja.

Ketika waktu shalat tiba pun tak perlu khawatir, lokasi alun-alun ini sangat dekat dengan Mesjid Agung Sukabumi. Terdapat foodcourt di sekitar alun-alun. Jika bosan, ada banyak penjual makanan di sekitaran Mall Yogya, City Mall maupun Dago Sukabumi. Sangat strategis, kan?

2. Mesjid Agung Kota Sukabumi

Tempat Ngabuburit Asyik di Sukabumi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Mesjid kebanggan warga Sukabumi ini semakin cantik setelah direnovasi. Baik bangunan mesjid maupun pelatarannya menjadi lebih luas. Pencahayaan di malam hari memperindah arsitektur mesjid dan juga taman yang ada di sekelilingnya.

Di bulan Ramadhan, biasanya pihak mesjid mengadakan buka bersama. Jadi tak heran jika banyak juga warga yang suka sekali ngabuburit di Mesjid Agung Kota Sukabumi. Selain bisa bertadarus dengan tenang, juga sekalian berbuka puasa bersama bareng muslim lainnya sambil menjalin tali silaturahmi.

3. Selabintana

Tempat Ngabuburit Asyik di Sukabumi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Masih di sekitar Kota Sukabumi, objek wisata satu ini selalu menjadi tujuan para pengunjung baik sebelum maupun selama Ramadhan. Banyak warga yang ingin ngabuburit disini karena tempatnya yang rindang, penuh dengan rumput hijau yang luas dan udaranya yang bersih.

Tempat ini biasanya buka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Hanya dengan membayar tiket sebesar 30 ribu rupiah, kita bisa menikmati keindahan alam kaki Gunung Pangrango dari kejauhan. Tak perlu khawatir dengan alas duduk. Di Selabintana ada banyak sekali pedagang yang sekalian menyewakan tikar dengan harga Rp 10 ribu.

4. Situ Gunung

Jika ingin menghabiskan waktu senggang sambil menunggu berbuka di alam bebas, mungkin tempat ini bisa menjadi pilihan. Situ Gunung menawarkan paket lengkap mulai dari danau, air terjun bahkan sensasi menyebrangi hutan alami di ketinggian lebih dari 150 meter. Terdapat Suspension Bridge yang disebut sebagai jembatan ayun terpanjang di Asia Tenggara.

Di tempat ini kita bisa sekalian healing karena pemandangannya sangat asri. Bahkan suara gemericik air sangat jelas terdengar. Kita bisa sekalian tadabbur alam sambil bermuhasabah untuk meningkatkan gairah ibadah kita dan juga keimanan pada Allah SWT.

5. Pantai Pelabuhan Ratu

Sumber: ainonholidays

Bagi kalian yang sudah jenih dengan suasana perkotaan maupun pegunungan, tak usah khawatir. Cukup pergi ke Pelabuhan Ratu yang mempunyai deretan pantai-pantai indah memanjakan mata. Lokasinya memang cukup jauh dari Kota Sukabumi. Namun, sesampainya di pantai kita bisa menikmati indahnya lautan.

Biasanya selama Ramadhan, pantai akan penuh di sore hari oleh orang-orang yang ngabuburit. Beberapa bahkan terlihat membawa kamera untuk mengabadikan keindahan sunset yang terlihat di pantai. Sebetulnya, pantai di Pelabuhan Ratu ada banyak sekali mulai dari Pantai Citepus, Karang Hawu, sampai seterusnya. Selain itu, deretan pedagang kelapa muda mungkin bisa memberi kamu ide untuk berbuka dengan air kelapa yang menyegarkan.

Bagaimana, dari tempat-tempat tersebut ada yang sudah pernah kamu kunjungi belum? Pastinya ngabuburit di tempat mengasyikkan memang sangat berkesan, namun jangan sampai ngabuburitnya melupakan esensi ibadahnya, baik shalat maupun puasanya. Ok teman-teman?

2 Comments

  • Nadella

    Penasaraaan sama Situ Gunung. Jembatan ayun terpanjang se- Asia Tenggara? WOW! Pengen kesana, tapi bakal jadi berasa ngeri-ngeri sedap saat berada di jembatannya ya kak. Ah tapi Situ Gunung juga punya suguhan lainnya. Semoga suatu hari saya bisa kesana. Aamiin

Comments

Translate ยป
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: