Site icon catatansicikal.com

Menu Buka Puasa Praktis Ala Anak Kos

Menu buka puasa bagi anak kos biasanya tak perlu yang ribet. Cukup dengan beberapa menu ini, buka puasa sudah menjadi mewah. Tapi sebelum itu saya disclaimer dulu nih. Definisi dari kata praktis atau mewah bisa jadi berbeda tiap anak kos tergantung kebiasaannya. Nah, apa saja menu buka puasa praktis ala anak kos ala catatansicikal? Check this out!

1. Kurma

Sebetulnya baik untuk anak kos maupun bukan, buah kurma memang menjadi menu buka puasa paling praktis. Selain mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW, kurma juga sangat mudah untuk ditemukan. Tidak perlu persiapan yang berlebihan. Cukup membeli buah kurma di toko terdekat, kita bisa langsung menyantapnya begitu waktu berbuka tiba. Tidak perlu mengolah apapun, tidak perlu mencuci piring, tinggal lep dan berbuka pun tidak kekenyangan. Ingat juga kalau sunnah berbuka dengan kurma adalah dalam hitungan ganjil. Jadi, kalau 1 butir belum cukup, silahkan tambah lagi sampai 3, 5, 7, dst.

2. Air mineral/Teh Manis Hangat

Minuman hangat saat berbuka sangat dianjurkan dibandingkan minuman dingin atau es. Hal ini dikarenakan lambung kita masih dalam keadaan kosong dan perlu asupan makanan yang tidak membuat shock. Oleh karena itu, berbuka dengan minuman yang hangat baik air mineral maupun air teh manis hangat sudah lebih dari cukup. Ssebetulnya akan lebih baik lagi diisi dengan makanan lainnya. Tapi bagi anak kos yang sedang giat-giatnya efesiensi akhir bulan, air teh hangat saja sudah lebih dari cukup bukan?

3. Gorengan

Meskipun tidak terlalu dianjurkan, tapi gorengan memang tetap disukai oleh semua orang. Apalagi saat berbuka puasa bersama. Biasanya gorengan menjadi menu yang tidak pernah ketinggalan hadir di meja. Selain mudah untuk dibeli, gorengan juga selalu menyenangkan untuk disantap. Tentu saja kalau kita sangat peduli dengan kesehatan, terlalu sering berbuka dengan menu praktis yang satu ini pun tidaklah baik. Jadi, meskipun anak kosan tetap harus peduli dengan gizi ya.

4. Berbagai menu Es

Setelah seharian kepanasan dan kehausan, maka berbuka dengan es menjadi pilihan yang paling top. Pilihan es pun sangat beragam, mulai dari es campur, es cendol, es palu butung, dsb. Rasanya semua dahaga bisa hilang dalam sekejap. Apalagi saat Ramadhan selalu banyak pedagang es yang sudah mangkal di pinggir jalan setelah waktu Ashar.

5. Air Kelapa

Wah ini sih sangat enak sekali. Selain menghilangkan haus, air kelapa juga sangat kaya dengan mineral yang bisa menggantikan ion tubuh yang hilang selama berpuasa. Makanya berbuka puasa dengan air kelapa menjadi sangat mewah, setidaknya untuk saya sih hehe.

Nah, itu dia beberapa menu berbuka puasa yang praktis dan menjadi andalan anak kosan. Bagaimana, ada yang juga mempunyai kondef yang sama soal menu berbuka puasa yang praktis? Share di sini ya.

Exit mobile version