5 Kegiatan Bermanfaat Saat Puasa

Puasa memang menahan lapar dan dahaga. Namun, tidak berarti kita harus lemas seharian dan tidak produktif. Ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan dalam mengisi waktu puasa kita. Inilah 5 kegiatan bermanfaat saat puasa.

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Puasa-catatansicikal.com
Sumber: Desain Canva

1. Tadarus Al-Quran

Tentu saja kegiatan ini adalah kegiatan paling bermanfaat dan berpahala selama menjalankan ibadah puasa. Bahkan sebagian besar umat muslim memasang target khatam Al Quran selama Ramadhan. Seperti yang diketahui, bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dan ampunan. Di dalamnya juga terdapat keistimewaan yaitu bulan diturunkannya Al Quran. Sehingga, apa lagi yang paling pas dan utama dilakukan selama puasa kalau bukan membaca dan memahami isi dari Al Quran.

2. Eksplor Dapur dengan Memasak

Sangat sayang jika waktu puasa dihabiskan hanya untuk tidur. Daripada membuang waktu percuma, mendingan kita menambah kemampuan memasak kita. Coba pergi ke dapur lantas lihat tayangan dari Youtube Channel Memasak favoritmu. Coba satu dua resep dan praktekkan sampai tuntas. Di akhir kegiatan kita akan selalu mendapat hikmah dan pastinya makanan baru yang siap dicicip saat berbuka.

3. Olahraga dong

Olahraga juga menjadi kegiatan paling bermanfaat saat puasa. Tapi kan lemes, bagaimana bisa punya energinya? Justru itu sobat. Puasa akan menjadi tidak bergairah, lemes dan bawaannya hanya ingin tidur jika kita malas bergerak. Coba saja kalau seharian kita isi dengan kegiatan. Tidak ada rasa haus dan lapar yang terasa. Bahkan kita bisa merasa lebih fokus dan enerjik.

4. Ikut Capacity Building di Webinar

Ketika dulu, kita mungkin kesulitan mencari acara maupun kegiatan bermanfaat saat ingin menambah wawasan maupun kegiatan. Saat ini zaman serba canggih dan daring. Hanya satu saja syaratnya yaitu mau mencari dan ikut kegiatannya. Coba buka informasi yang dishare di hampir media sosial mengenai kegiatan webinar. Topiknya beragam mulai dari hobby, keterampilan sampai pendidikan ada semua. Gunakan waktumu untuk mengikuti webinar yang sifatnya bisa menambah kapasitas dirimu. Selain menambah pengetahuan kita juga bisa menambah teman baru dalam acara tersebut.

5. Blogging time!

Tanpa harus berpayah-payah ke luar untuk mencari tempat rehat, kita bisa gunakan waktu untuk menulis blog. Blog selain bermanfaat untuk orang lain juga bisa menjadi healing bagi penulisnya. Sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba, kita bisa mulai menulis draft dan menguploadnya saat sudah selesai. Seharian menjadi sangat produktif kan.

Nah, itulah 5 kegiatan bermanfaat saat puasa. Sangat menyenangkan bukan jika kita bisa mengisi waktu dengan hal yang sangat postif dan produktif. Daripada tidur seharian dan tak mendapatkan apa-apa, lebih baik kita gunakan waktu yang berkualitas. Ilmu dapat, pahala juga dapat.

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s