Hal yang Ingin Dilakukan Saat Bulan Puasa

Puasa memang 30 hari, tapi itu tak lama. Tahu-tahu sudah mau pertengahan saja. Selama Ramadhan maka otomatis puasa menjadi suatu kewajiban yang dilakukan oleh umat Islam. Biasanya ada banyak hal yang menjadi prioritas dan cita-cita umat Islam selama puasa. Karenanya, Catatansicikal akan merangkum hal-hal yang biasanya ingin dilakukan saat bulan puasa.

Hal yang Ingin Dilakukan Saat Bulan Puasa-catatansicikal.com
Sumber: Desain canva

1. Tadarus dan Khatam Al Quran

Siapa yang tak mau menamatkan Al Quran selama bulan puasa. Bahkan bagi muslim dan muslimah yang rajin banget, ada loh yang sampai bisa menamatkan Al Quran lebih dari 3 kali selama bulan puasa. Sayangnya pasti ada terus tantangan saat kita berkeinginan menamatkan dalam bulan suci tersebut. Mulai dari kesibukan sampai berhalangan bagi wanita yang mengalami tamu bulanan. Alhasil, menjadi orang yang konsisten dan juga rajin sangat diperlukan agar keinginan ini terwujud. Nah, sobat sendiri sudah sampai mana bacaannya? Yuk kita bikin target bacaan harian. Misalnya saja satu hari 1 juz. InsyaAllah pasti kesampaian khatam di akhir bulan.

2. Tarawih Ga Pakai Bolong

Zaman Covid-19 sekarang banyak banget kekhawatiran soal kerumunan. Makanya ada juga yang menghindari shalat tarawih karena hal ini. Tapi, ada juga yang memang pada dasarnya ya males saja tarawih. Biasanya pola ini terlihat di saf jamaah mesjid. Pada minggu pertama pasti safnya masih lengkap. Tapi saat mendekati pertengahan sudah mulai berguguran dan hanya menyisakan beberapa orang saja di baris terdepan. Padahal tarawih ini pahalanya sangat berlipat ganda apalagi jika dilakukan secara berjamaah. Mumpung bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dan pahala, maka manfaatkan momen berharga ini.

3. Menambah Wawasan dengan Membaca

Membaca adalah jendela dunia. Jika bisa menambah referensi bacaan artinya kita memperluas daya pandang dan pola pikir kita. Alangkah baiknya jika bacaan ini merupakan hal yang mempunyai nilai positif. Ingat bahwa bacaan adalah makanan jiwa. Oleh karena itu, kita tidak boleh sembarangan dalam mencari sumber bacaan supaya jiwa kita tidak mendapatkan makanan yang buruk. Salah satu bacaan terbaik selama bulan puasa antara lain kisah para Nabi dan Rasul, peningkatan kualitas diri, cara berbisnis, dan lain sebagainya.

Nah, bagaimana sobat semua. Adakah to do list di atas menjadi salah satu keinginanmu juga?

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s