Lifestyle

Jangan Anggap Remeh Amalan Yang Satu Ini

Muslim women using misbaha to keep track of counting in tasbih

Ramadhan selalu menjadi bulan favoritnya umat Islam karena di dalamnya banyak sekali keberkahan. Bahkan amalan yang di bulan biasanya hanya terbilang satu bisa berlipat-lipat diperhitungkan kebaikannya pada bulan Ramadhan.

Teman, tidakkah sayang jika kita tidak memanfaatkan betul momen luar biasa tersebut? Jika kita bisa sangat semangat saat mengumpulkan poin setiap kali transaksi, lalu kenapa semangat itu tidak kita terapkan juga pada setiap ibadah yang kita lakukan, khususnya di bulan suci.

Ternyata, dalam sebuah hadits bahkan disebutkan ada sebuah amalan yang sangat mudah dilakukan tapi sangat berat timbangannya di yaumil hisab kelak.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كَلِمَتَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ ، خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Dua kalimat yang dicintai oleh Ar Rahman, ringan diucapkan di lisan, namun berat dalam timbangan (amalan) yaitu subhanallahi wa bihamdih, subhanallahil ‘azhim (Maha Suci Allah, segala pujian untuk-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Mulia).” (HR. Bukhari no. 7563 dan Muslim No. 2694).
.
.
Amalan dzikir tersebut sangat mudah sekali untuk dilakukan. Bahkan dalam duduk diam pun bisa kita baca beribu-ribu kali.
.
Tentu saja, dzikir hanyalah amalan sunnah, jadi bukan berarti bisa menggantikan kewajiban shalat lima waktu. Tidak ada tawar menawar dalam masalah ibadah, jika Al Quran dan sunnah sudah menerangkan hal tersebut sejelas mungkin.
.
Setidaknya, dengan dzikir kita bisa mengurangi kegiatan yang tidak berfaedah di saat senggang tanpa harus merasa terbebani. Dan yang paling penting, di bulan Ramadhan ada banyak sekali cara untuk mendulang pahala. Mulailah dari yang wajib seperti shalat wajib, puasa, shalat tarawih, zakat dan lanjutkan dengan amalan sunnah lainnya. Karena bulan Ramadhan adalah waktunya para pejuang pahala mengumpulkan tiket ke syurga. Wallahu’alam bishowab.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: