BPN Ramadhan 2021

#18: Kegiatan Saat Golden Week di Jepang

Hai teman-teman, alhamdulillah saat ini kita sudah memasuki hari ke 18 di bulan Ramadhan. Hari ini juga bertepatan dengan dimulainya Golden Week di Jepang.

Sebagaimana negara kita yang mempunyai musim liburan, Jepang juga memiliki lumayan banyak hari libur. Mulai dari winter break (libur musim dingin), spring break (libur musim semi), Golden Week dan hari libur lainnya.

Diantara ketiganya, Golden Week lah yang memiliki durasi paling panjang sehingga banyak sekali kegiatan liburan yang dilakukan. Apa sih Golden Week?

Golden Week adalah sebutan untuk masa liburan pada pergantian musim antara musim semi dan musim panas. Biasanya akhir April sampai dengan pertengahan Mei. Hal ini karena masa liburan terjadi secara beruntun mulai dari perayaan kelahiran kaisar showa pada tanggal 29 Mei sampai dengan memperingati hari anak pada tanggal 5 Mei. Karena durasinya yang lumayan panjang, orang Jepang sangat suka sekali menikmati liburan ini dengan mengisinya dengan berbagai hal. Apa saja?

1. Memperkuat bonding keluarga

Saat hari kerja, family time sangat langka sekali. Biasanya para orang tua yang bekerja pastinya sudah kelelahan saat pulang ke rumah. Makanya, Golden Week dimanfaatkan untuk mempererat ikatan keluarga dengan pergi piknik maupun bermain di sekitar rumah. Yang pasti, sebelum masa pandemi merebak, banyak sekali keluarga Jepang yang terlihat wara wiri di tempat wisata bersama keluarganya.

2. Berburu barang diskonan

Sudah tidak asing lagi jika saat Golden Week adalah waktu yang tepat untuk mencari barang semurah mungkin. Ada banyak barang diskonan yang hampir mirip black friday. Karena itu, siapkan jempol dan internet untuk berselancar di marketplace seperti Rakuten, Yahoo Shopping atau Amazon.

3. Tandem Film dan buku

Kalau kalian hobi menonton film dan membaca buku, mungkin sekarang waktunya untuk mulai mengeluarkan koleksi film yang sudah sempat kalian timbun. Bersantai di rumah, apalagi masa pandemi, bisa menjadi membosankan tanpa kegiatan apapun. Jadi, menonton film atau buku secara maraton mungkin bisa jadi pilihanmu.

4. Menonton Festival dan event

Biasanya hal ini dilakukan saat kondisi normal. Ada banyak sekali festival di masa Golden Week salah satunya Festival layang-layang maupun Festival Bunga. Hanya saja, saat pandemi banyak sekali festival yang dibatalkan. Semoga saja pandemi cepat bubar ya, jadi sedih karena saya juga udah menanti festival Kenshin dari kapan hari yang tiba-tiba batal :'(.

5. Eksplore kemampuan

Pandemi bisa saja membuat susah pergi kemana-mana. Jadi, tinggal di rumah sambil mengeksplorasi kemampuan bisa kalian coba. Ada banyak sumber online yang mengajarkan hobi baru maupun pengetahuan yang bisa berguna di masa depan. Mulai dari memasak, menjahit, fotografi, berkebun dan masih banyak lagi.

6. Kejar deadline tugas

Libur panjang bukan berarti bisa santai. Ada banyak juga loh yang menghabiskan liburannya untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas sekolah yang bertumpuk ( kayak saya huhu….). Daripada kebut di akhir, waktu yang dihabiskan untuk jalan bisa sedikit dipakai untuk mengejar ketertinggalan. Jadi nanti pas masuk pada hari seperti biasanya, bebanmu semakin ringan. Tapi bukan berarti Golden Weeknya jadi ga bisa kamu nikmati ya hehe….

Bagaimana, sudah dapat inspirasi saat musim liburan yang panjang ini?