BPN Ramadhan 2021

#26: Rutinitas Anti Bosan Menunggu Buka Puasa

Katanya memperbanyak aktivitas akan membuat aktivitas puasa jadi ga terasa. Eh tahu-tahu beduk magrib terdengar. Namun, kalau kita harus #dirumahaja apa yang bisa mengalihkan perhatian supaya menunggu waktu berbuka tidak membosankan?

1. Tadarus

Daripada waktu terbuang percuma dan hanya duduk melamun, kenapa tidak memacu tadarusan saja supaya lebih cepat khatam? Selain menambah pahala, tadarus juga menjadi sarana meditasi yang terbaik.

2. Memasak

Justru kegiatan ini cukup menyita waktu kalau jumlah masakannya banyak, sehingga waktu berbuka hampir tak disadari cepat sekali tibanya. Kalian bisa mengeksplor dapur juga saat memasak dan menambah referensi resep yang banyak bertebaran di internet.

3. Bermain game

Kalau anak gamers tanpa disuruh pun pasti sudah stand by. Carilah permainan yang tidak menguras tenaga maupun melunturkan pahala ibadah puasa kita. Bisa dengan main tetris, mengisi TTS, bermain catur, dsb. Hindari game yang berbau pornografi ataupun yang membuat kita bersumpah serapah. Apalah artinya puasa jika aktivitas yang seharusnya hanya membuat rileks malah melunturkan pahala.

4. Olahraga

Kita bisa jalan kaki sebentar di sekitar rumah, lari kecil atau yoga santai di rumah. Rutinitas olahraga sebelum berbuka bisa membuat badan semakin sehat dan waktu menjadi tidak membosankan.

Leave a Reply