Yuk Dukung Net Zero Emissions Dari Rumah!

Seperti yang umumnya kita ketahui, pepohonan bisa mengurai CO2 dan menghasilkan oksigen. Dengan banyaknya kebutuhan lahan pemukiman maupun pertanian, maka memperluas hutan adalah hal yang tidak mungkin. Memperbanyak pepohonan sebagai paru-paru dunia juga bukan satu-satunya cara. CO2 juga bisa dinetralisasi secara alami saat terserap ke dalam tanah dan bebatuan.

Hanya saja, dengan dengan aktivitas masif saat ini, jumlah yang dikeluarkan melebihi jumlah yang bisa diserap secara alamiah. Maka dari itu, beberapa ilmuwan sudah mencoba mencari solusi dengan membangun sebuah gudang yang dinamakan Carbon Capture Storage (CCS). Bagaimana cara kerjanya bisa dilihat di utas berikut ya.

Meskipun banyak negara sudah mulai mewujudkan komitmennya dalam Net Zero Emisi dengan bantuan CCS, namun CCS sendiri masih menyisakan polemik karena eksistensinya yang bisa dibilang ambigu.

Di satu sisi, CCS bisa membantu netralisasi CO2, di sisi lainnya CCS bukan mekanisme baru di dunia pertambangan. Teknik injeksi CO2 kerap digunakan perusahaan minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak dari kilang yang sudah mulai berkurang produktivitasnya.

Saat ini baru beberapa negara maju saja yang sudah memberikan kepastian terkait zero net emisi, seperti UK, Amerika, Prancis, Jepang dan China. Sementara India masih menolak hal tersebut.

Ilustrasi Carbon Capture Storage di China
Sumber: http://www.csec.com

Jadi Solusi #TimeforActionIndonesia Terbaiknya Apa dong?

Upaya Mendukung Net Zero Emisi dari Rumah #UntukmuBumiku

Saat ini, upaya terbaik adalah menyeimbangkan apa yang dikonsumsi dan hasil buangannya. Meskipun dirasakan rumit dan membutuhkan waktu, tapi menyadari bahayanya kenaikan emisi CO2 di bumi sangatlah penting.

Pages: 1 2 3

Member of Blogger Perempuan, data collector, and a random traveler who love to snap beautiful pictures with the undeniable interest over books and movies

39 Comments

Comments

Translate »
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: