BPN Ramadhan 2022

Coba Tips Blogging Pemula ini

Memulai suatu blog sebetulnya gampang sekali. Tinggal membuat akun dan memilih platform blog maka blog pun sudah jadi. Yang menjadi momok adalah bagaimana membuat blog yang sudah dibuat tersebut hidup dan berkembang. Beberapa blogger pemula biasanya menghadapi situasi dimana blog yang sudah dibuat menjadi terasa membosankan dan kehilangan semangat untuk mengisinya. Nah, untuk kalian yang baru atau sedang mengembangkan blog, yuk coba tips blogging untuk pemula ini!

Coba Tips Blogging Pemula ini

1. Tentukan Niche Blogmu

Niche atau kategori blog bisa memudahkan para blogger dalam membuat konten. Tanpa adanya niche, para blogger akan mempunyai bahasan yang terlalu meluas. Hal ini menyebabkan konten blog menjadi campur aduk. Dengan niche, selain konten blog semakin mengerucut, blogger juga bisa dengan mdah teridentifikasi. Blogger juga akan bisa terus memperdalam dan menyebarkan konten sesuai kemampuannya atau passion yang dimiliki.

2. Terus Menulis

Banyak dari para blogger menyerah di tengah jalan saat harus menulis. Kondisi ini biasanya disebut drain brained. Kondisi dimana para penulis merasa stuck dengan tulisannya alias ga punya ide lagi. Jika demikian, satu hal yang harus dilakukan hanyalah terus menulis. Seberapapun keringnya tulisan kita, melatih tulisan tiap hari tetap harus dilakukan. Kita hanya perlu mengakalinya dengan sedikit refreshing baik dengan olahraga, membaca buku, menonton film, sebelum akhirnya kembali membuat naskah tulisan.

3. Sering-Sering Blogwalking

Blogger pemula bisa belajar dari para blogger senior dengan sering berkunjung ke webnya. Coba deh tips blogging pemula ini. Cari satu blog panutan yang bisa dijadikan rujukan baik dari segi tulisan, konten maupun tampilan blognya. Ini sangat bermanfaat sekali apalagi bagi blogger pemula yang masih ragu saat harus berksplorasi dengan hal-hal teknis dalam blog.

Bagaimana teman-teman, cukup mudah bukan untuk menerapkannya?

Comments

Translate ยป
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: