Apa sih Bedanya Tepung Mocaf, Tepung Sagu, Sagu Tani, dan Tepung Tapioka?

Horeee…hari minggu ini santai banget. Saatnya bikin camilan gampil nan enak. Resep favorit di youtube udah dibuka, wifi kenceng, bahannya kalau bisa yang pakai tepung aja deh biar ga susah. Eh tapi pas buka lemari kok bingung, ada banyak tepung gaes. Mana nih yang dipakai? Ada yang namanya tepung tapioka, tepung sagu, sagu tani, tepung mocaf, dan masih banyak lagi. Duh kalau begini, bisa pusing duluan sebelum masak. Biar ga pusing, mending kenalan dulu dengan dunia pertepungan. Apa sih bedanya tepung mocaf, tepung sagu, sagu tani dan tepung tapioka?

1. Tepung Mocaf

Mocaf sendiri merupakan kependekan dari Modified Cassava Flour (MOCAF) alias tepung hasil modifikasi. Maksudnya dibuat dari rekayasa genetik gitu? Skip deh. Takuuuut! Enggak begitu juga ya teman-teman, dikutip dari situs joggjaprov.com, modifikasi yang dimaksud adalah proses fermentasi tepung mocaf. Proses ini melibatkan bakteri asam laktat yang mengubah struktur tepung sehingga sifat licin dan pahit yang berasal dari asam sianida singkong bisa hilang.

Tepung Mocaf dari Sigi, Sulawesi Barat (Sumber: Dok. Pribadi)

Alhasil, jika teman-teman melihat secara sekilas, tepung mocaf ini sangat mirip dengan tepung terigu. Dilhat dari asal usul sumber tepung mocaf, tepung ini teruat dari singkong utuh hasil fermentasi. Makanya kenapa kita bisa merasakan tekstur tepung mocaf hampir sama dengan tekstur tepung terigu.

Mocaf memiliki kadar protein yang lebih rendah daripada tepung singkong karena protein berkurang saat fermentasi. Tepung ini sangat baik untuk penderita diabetes atau sedang melakukan diet rendah protein karena sifatnya yang mempunyai kandungan protein yang lebih rendah dibandingkan tepung singkong yang biasanya.

Dikarenakan prosesnya yang lumayan panjang, harga tepung mocaf lebih mahal dibanding tepung sagu biasa, namun lebih murah dibandingkan terigu. Lagipula, semenjak perang Rusia – Ukraina, pasokan gandum dunia tuh lagi kesulitan banget. Makanya tepung terigu berasa banget kenaikan harganya. Jadi, pas banget nih kita pakai tepung mocaf sebagai pengganti terigu. Selain gampang didapatkan, lebih murah, juga sehat untuk badan.

2. Tepung Sagu

Sumber: myasiangrocer.com

Tepung sagu berasal dari saripati tanaman sagu. Seperti apa tanamannya coba deh Google. Biasanya tanaman ini memang berada di wilayah Indonesia timur, yang penduduknya gemar mengkonsumsi sagu. Sebagai sumber karbohidrat gluten-free, tepung sagu sangat bermanfaat untuk tubuh dan baik dikonsumsi oleh orang yang diet ketat gluten.

Warna tepung sagu hampir mirip tepung tapioka atau kanji. Hanya saja saat diraba oleh tangan lebih kesat. Olahan tepung sagu yang paling saya suka biasanya membuat teci, sejenis panganan ringan seperti talam asin. Dengan menggunakan tepung sagu, biasanya tekstur talam yang dihasilkan lembut tapi kering alias ga bikin talamnya itu becrek.

3. Sagu Tani

Sumber: shopee.co.id

Biasanya saya disuruh mama untuk membeli merk ini nih saat mau membuat pempek. Katanya sih karena hasilnya nanti akan lebih renyah tapi juga lembut. Kalau diperhatikan secara seksama, meskipun selalu disebut sebagai sagu tani, tapi sebetulnya produk tersebut adalah tepung tapioka. Tentu saja tepung tapioka premiumnya. Artinya, tepung ini terbuat dari saripati singkong.

Dikarenakan tanaman sagu itu sangat jarang dijumpai, maka tepung sagu terbilang mahal bagi para pengusaha kue. Untuk menjawab tantangan, maka diolahlah penggantinya yakni singkong. Jadi, singkong yang sudah selesai dibersihkan, diambil saripatinya, lantas dikeringkan menjadi tepung. Ada banyak panganan yang bisa dibuat dari tepung sagu tani ini.

4. Tepung Tapioka

Sumber: Shopee.co.id

Tepung ini merupakan tepung yang juga sama-sama berasal dari saripati singkong. Bedanya dengan tepung sagu tani tadi, tepung tapioka bisa terbilang satu level di bawahnya. Nah, Tepung tapioka ini sangat mudah digunakan dalam membuat panganan yang bertekstur kenyal. Selain itu juga bisa digunakan sebagai pengental masakan pengganti tepung maizena (tepung jagung) atau tepung kentang. Biasanya merk yang saya pakai itu Rose Brand karena mudah sekali untuk mendapatkan merk ini :D.

Berhubung udah tahu jenis tepung mocaf dan sepupu-sepupunya nih, sudah siap terjun lagi ke dapur dong. Bedain kunyit sama jahe aja bisa, masa tepung enggak ^_^.

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s